๐๐ฎ๐ค๐š ๐‹๐Š๐๐ ๐Š๐ž-๐Ÿ–, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐“๐ž๐ ๐š๐ฌ๐ค๐š๐ง ๐€๐ง๐ ๐ ๐จ๐ญ๐š ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐–๐š๐ฃ๐ข๐› ๐Œ๐ž๐ง๐ ๐ž๐ญ๐š๐ก๐ฎ๐ข ๐†๐ž๐ซ๐š๐ค๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ฌ๐š๐ซ ๐๐š๐ซ๐ข๐ฌ ๐๐ž๐ซ๐›๐š๐ซ๐ข๐ฌ

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Kwartir Ranting (Kwarran) Sekupang melaksanakan kegiatan Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB) Ke-8, di Lapangan Tribun Sepak Bola Sungai Harapan, Sekupang, Minggu (29/10/2023). Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka LKBB yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-95. Jefridin juga menyerahkan piala bergilir LKBB kepada Ka Kwarran Sekupang, Suparjo.

Jefridin menjelaskan baris-berbaris dalam gerakan pramuka merupakan suatu latihan fisik yang digunakan untuk menanamkan rasa disiplin. Katanya, dalam mempelajari gerakan barisโ€“berbaris, mengenal abaโ€“aba, gerakan perorang, gerakan dasar dan gerakan pasukan. Sebab, barisโ€“berbaris mengajarkan kekompakkan, kerapian, dan kebersamaan sebuah kelompok.

“Terimakasih kepada Kwarran Sekupang yang sudah menyelenggarakan LKBB ini. Ini merupakan kegiatan positif yang luar biasa. Sebagai anggota Pramuka harus memahami gerakan dasar dalam baris berbaris dan kapan sikap sempurna harus dilakukan,” pesannya.

Dalam arahannya Jefridin juga berpesan agar anggota Pramuka dapat mengobarkan semangat Sumpah Pemuda di dalam jiwa. Sebagai anggota Pramuka harus tahu ikrar Sumpah Pemuda dan mencerminkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kesempatan itu Jefridin meminta perwakilan anggota Pramuka untuk membaca ikrar Sumpah Pemuda.

“Sebagai anggota Pramuka, kalian harus tanamkan dalam hati dan pahami isi dari masing-masing ikrar Sumpah Pemuda ini. Bahwa ikrar Sumpah Pemuda ini keputusan yang menegaskan cita-cita akan tanah air Indonesiaโ€, ber bangsa satu bangsa Indonesia, dan bahasa satu bahasa Indonesia,” jelas mantan Ketua KNPI Kota Batam ini.

Ketua pelaksana LKBB Ke-8, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kedisiplinan, karakter, mental juang, kekompakan dan kebersamaan. Adapun peserta terdiri dari tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak yang keseluruhannya berjumlah 928 orang.

“Terimakasih kepada Ka Kwarcab, Kak Jefridin yang sudah membuka secara resmi LKBB ke-8 ini. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan kedisiplinan anggota Pramuka khususnya dalam baris berbaris,” tuturnya. (*)

Mungkin Anda juga menyukai