𝐖𝐚𝐥𝐢 𝐊𝐨𝐭𝐚 𝐓𝐞𝐫𝐢𝐦𝐚 𝐊𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐊𝐨𝐧𝐬𝐮𝐥 𝐀𝐒, 𝐑𝐮𝐝𝐢: 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 𝐉𝐚𝐝𝐢 𝐃𝐚𝐲𝐚 𝐓𝐚𝐫𝐢𝐤 𝐏𝐚𝐫𝐢𝐰𝐢𝐬𝐚𝐭𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐯𝐞𝐬𝐭𝐚𝐬𝐢

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Konsul Amerika Serikat (AS) di Konsulat AS Medan, Bernard C. Uadan, di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (25/10/2023).

Dalam kunjungan itu, Wali Kota Batam memaparkan sejumlah potensi Kota Batam di bidang pariwisata hingga investasi. Ia berharap, dengan kunjungan tersebut makin terjalin hubungan antara Pemko Batam dengan Konsulat AS Medan.

“Batam sedang gencar membangun demi peningkatan ekonomi dan investasi dan jadi daya tarik pariwisata,” ujar Rudi.

Di sektor pariwisata, Batam saat ini sedang gencar mempercantik kota hingga pengembangan kawasan Bandara Hang Nadim sebagai pintu masuk Kota Batam. “Untuk investasi, sejumlah kemudahan sudah dilakukan dan sejumlah infrastruktur di kawasan juga sudah dibangun,” kata dia.

Rudi pun mengapresiasi para investor dari Amerika yang saat ini masih termasuk 10 besar investor di Kota Batam. Sesuai catatan, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, realisasi investasi terjadi peningkatan proyek sepanjang Semester I (Januari-Juni) 2023.

“Batam jadi tujuan investasi ditengah perubahan dan kemajuan Kota Batam saat ini,” katanya.

Dari data sama, negara-negara dengan nilai investasi terbesar di Batam, di antaranya Singapura mencapai USD 100.607,6 juta dengan nilai proyek sebanyak 455. Kemudian, Perancis dengan nilai USD 29.119,4 juta dan Hongkong sebanyak USD 15.945,6 juta.

Selain itu, Tiongkok (USD 6.422,9 juta), Jerman (USD 5.052,4 juta), Malaysia (USD 4.105,3 juta), Amerika Serikat (USD 2.791,7 juta), Jepang (USD 1.981,7 juta), Swiss (USD 1.805,3 juta), dan Kepulauan Virgin Inggris (USD 675,0 juta).

“Kami terus berupaya meningkatkan investasi di Batam demi kesejahteraan masyarakat Kota Batam,” katanya.

Sementara itu, Konsulat AS Medan, Bernard C. Uadan mengapresiasi sambutan hangat dari Wali Kota Batam.

 

Mungkin Anda juga menyukai