𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐀𝐩𝐫𝐞𝐬𝐢𝐚𝐬𝐢 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐅𝐚𝐫𝐝𝐡𝐮 𝐊𝐢𝐟𝐚𝐲𝐚𝐡 𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐌𝐚𝐬𝐲𝐚𝐫𝐚𝐤𝐚𝐭 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sebanyak 100 orang perwakilan dari tiap kecamatan mengikuti pelatihan Fardhu Kifayah di Hotel PIH pada Rabu (25/10/2023). Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepri bersama Baznas Kota Batam dihadiri Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina.

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Kota Batam yang sudah menyelenggarakan pelatihan Fardhu Kifayah untuk masyarakat Kota Batam,” ungkapnya.

Dipaparkannya bahwa selama ini Baznas Kota Batam sudah berkolaborasi dengan Pemko Batam salah satunya melalui program pengentasan kemiskinan. Ada 53 KK yang terdiri dari 518 orang yang terdata dalam kemiskinan ekstrim dan Baznas ikut andil membantu. Disamping itu Baznas Kota Batam juga ikut andil menurunkan angka stunting di Kota Batam.

“Jika selama ini bicara soal dunia maka melalui pelatihan ini Kita bicara soal kematian. Untuk itu ikuti kegiatan dengan baik, sehingga dapat ilmu dan pengalaman melaksanakan Fardhu Kifayah,” pesan pria kelahiran Selatpanjang ini.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina mengatakan kegiatan ini sangat baik karena dapat menambahkan ilmu yang selama ini sudah ada sehingga menjadi lebih mahir lagi. Ia juga mengapresiasi Baznas Provinsi Kepri dan Baznas Kota Batam yang sudah berkolaborasi menyelenggarakan pelatihan ini.

“Alangkah baiknya jika pelatihan ini diaplikasikan dalam bentuk digitalisasi. Sehingga dapat diakses dan bisa menjadi media pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pengetahuan tentang Fardhu Kifayah,” ujar Ketua TP. PKK Kota Batam.

Komisioner Baznas Kota Batam, Habib Soleh menyampaikan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dari 12 kecamatan. Fardhu Kifayah bertujuan untuk melangsungkan keberlangsungan agama. Pelatihan seperti ini harus dilakukan secara berkesinambungan. Sebelumnya sudah digelar Baznas Tanggap Bencana (BTB) dengan melibatkan anak muda.

“Terimakasih atas dukungan Pemko Batam dalam hal ini Bapak Sekretaris Daerah Kota Batam dan Bu Wagub yang sudah hadir di acara ini. Kegiatan ini sangat penting dan semoga dapat diikuti dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ketua Baznas Provinsi Kepri, KH. Arusman Yusuf menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan Baznas Provinsi Kepri di tujuh kabupaten/kota. Harapannya, setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini tidak ada lagi yang tidak dapat melaksanakan Fardhu Kifayah. Terutama untuk daerah yang sulit dijangkau.

“Terimakasih Baznas Kota Batam yang sudah membantu memfasilitasi kegiatan ini. Sehingga kegiatan pelatihan ini bisa berlangsung pada hari ini. Semoga ke depan semakin banyak orang yang dapat menyelenggarakan Fardhu Kifayah,” tuturnya.

Kegiatan pelatihan Fardhu Kifayah ini dihadiri Ketua Baznas Kota Batam, Muhith, perwakilan MUI Batam, Bahrullah Shodiq. Adapun narasumber dari Akademisi jurusan praktek Fardhu Kifayah di STAIN SAR Tanjung Pinang, Siti Maheran, Lc, LL.M.(*)

Mungkin Anda juga menyukai