Jefridin Ajak Masyarakat Pulau Buluh, Budayakan Hidup Sehat Melalui Germas

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam,Jefridin, M.Pd. mengajak masyarakat Pulau Buluh untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat.

Hal itu disampaikan Jefridin saat meresmikan Pencanangan Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Minggu (20/8/2023). Kegiatan juga disejalankan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-78.

“Pencanangan Kampung Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini merupakan program yang dicanangkan langsung oleh Bapak Presiden RI, Jokowidodo. Dimana program pusat ini sangat disambut baik oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi,” katanya.

Jelasnya lagi, Germas merupakan program nasional yang menginstruksikan kepada Kepala Daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI nomor 1 tahun 2017, untuk dilakukan sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

“Sudah terbentuk pencanangan di lebih kurang 37 kelurahan dari 64 kelurahan yang ada di Kota Batam,” jelasnya.

Ia menekankan kepada masyarakat Pulau Buluh, bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Dengan  membudayakan hidup sehat, maka masyarakat akan mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat yang memicu sejumlah penyakit.

“Sehat itu penting, meski banyak harta kalau tidak sehat tidak ada gunanya,” tegas Jefridin.

Oleh karena itu, Jefridin berharap Germas ini dapat diterapkan mulai dari pribadi hingga masyarakat. Ia mengajak untuk menggerakkan Germas dengan banyak berolahraga.

“Mari kita berolahraga agar sehat dan bugar. Jalan kaki juga merupakan bagian dari olahraga, kurangi merokok, minimal cek kesehatan sekali dalam enam bulan mulai dari jantung dan sebagainya. Juga jaga lingkungan mulai dari rumah,” paparnya.

Terdapat 7 pilar Germas, diantaranya melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman ber alkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Ketua Panitia, Asep berharap dengan pencanangan kampung germas ini, Pulau Buluh dapat maju dan bergerak terutama di bidang kesehatan.

“Kegiatan ini sudah dijalankan di Pulau Buluh, dan sudah mulai berjalan sedikit demi sedikit dan mulai terlihat hasilnya. Diantaranya, terbentuk tim gotong royong Pulau Buluh untuk membersihkan pantai,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai