Hadiri Milad ke-35 Pondok Pesantren Darul Falah, Jefridin Berharap Dapat Menjadi Momentum Meningkatkan Kualitas Belajar

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. menghadiri syukuran Milad ke-35 Pondok Pesantren Darul Falah Batam di Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Sabtu (29/07/2023). Harapannya pada Milad ke-35 Pesantren Darul Falah dapat menjadi momentum dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar. Ia menyampaikan Pesantren Darul Falah memiliki kiprah yang luar biasa di Kota Batam.

“Sebelumnya Saya mau  menyampaikan ucapan permohonan maaf dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi karena tidak bisa hadir bersama-sama kita dalam acara ini. Beliau menitipkan pesan Selamat Ulang Tahun ke-35 berdirinya Pondok Pesantren Darul Falah. Bicara dunia pendidikan adalah bicara soal kehidupan. Karena pendidikan merupakan investasi yang tiada tara nilainya,” ujar Jefridin yang hadir bersama istri, Hariyanti Jefridin.

Pertumbuhan dan perkembangan pesantren di Kota Batam menurutnya sangat luar biasa. Tercatat saat ini jumlah pesantren yang ada di Kota Batam sebanyak 153 pesantren. Pertumbuhan dan perkembangan pesantren ini menurutnya salah satu bentuk persaingan dan harus menjadi perhatian.

“Secara kuantitas banyak jumlahnya, tetapi kualitas harus diperhatikan. Caranya tentu dengan berinovasi dan berkolaborasi dalam mengembangkan dunia pendidikan ini. Sebagaimana kita ketahui bahwa tahun 2045 genap 100 tahun dan itu adalah masa keemasan dan menjadi tanggungjawab kita semua untuk menyiapkan generasi emas. Untuk mempersiapkan itu semua, tidak bisa pemerintah maju sendiri, tapi harus didukung oleh masyarakat,” paparnya.

Kehadiran pesantren menurutnya sudah memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kota Batam. Pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Batam bertujuan untuk terwujudnya Visi Kota Batam sebagai Bandar Dunia Madani, Modern dan Sejahtera. Dalam pendidikan ini menurutnya ada tiga lembaga yang berperan, lembaga informal, lembaga formal dan lembaga non formal. Lembaga informal adalah keluarga, orang tua yang memotivasi anak-anak untuk belajar, lembaga formal adalah pemerintah. Pemerintah berperan mempersiapkan sarana, prasarana, guru dan kurikulum pendidikan. Lembaga non formal adalah masyarakat.

“Tiga lembaga ini harus berkolaborasi untuk mencapai tujuan pendidikan sesuai cita-cita negara

Jika ini terwujud maka kita bisa sukses dalam menciptakan generasi emas khususnya di Kota Batam,” katanya mengakhiri sambutan.

Perwakilan Pondok Pesantren Darul Falah menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Sekretaris Daerah Kota Batam beserta seluruh tamu undangan yang hadir dalam syukuran Milad Ke-35 Pondok Pesantren Darul Falah Batam. Diharapkan Pondok Pesantren ini tetap eksis di jalan Islamiyah dalam mendidikan para santri yang ada di Kota Batam.(*)

Mungkin Anda juga menyukai