Marlin Buka Pelatihan Tata Boga di Lingga

MC Pemko Batam – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi terus mengangkat kuliner tiap daerah di Kepri semakin diminati dan berkembang. Tiap daerah punya kuliner yang spesial, dengan aneka rasa dan isi yang harus dipromosikan.

“Setiap daerah di Kepri punya makanan tersendiri. Kuliner ini yang ingin terus kami kota kembangkan,” kata Marlin saat membuka Pelatihan Tata Boga di Hotel Pesona Daik, Kabupaten Lingga, Sabtu (15/7) siang.

Marlin ke Lingga memang dalam rangkaiannya menggelar pelatihan tata boga di setiap kabupaten kota. Sebelum Lingga, Marlin juga sudah ke Anambas, Natuna, Karimun dan daerah lainnya.

Ketua TP PKK Kota Batam ini, mengajak semua untuk bersama-sama mempromosikan makanan khas lokal. Dia ingin resep-resep terbaik yang ada sejak dahulu kala terus berkembang. Juga mengisi berbagai tempat kuliner di Kepri.

“Kalau bukan kita siapa lagi. Jangan sampai resep terbaik dari dulu hilang ditelan zaman. Jangan hilang begitu saja. Kita berbagi, kita kreasi kan,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.

Di Lingga, Marlin fokus pada olahan sagu. Sagu memang banyak ditemukan di Lingga. Karena itu, dalam pelatihan kali ini, olahan sagu dari awal hingga menjadi laksa atau mie sagu dilatihkan.

“Kita buat dari awal hingga selesai. Hingga menjadi masakan yang bergizi dan lezat,” kata Marlin.

Sejalan dengan pelatihan itu, kata Marlin, pihaknya juga sekaligus mengedukasi masyarakat untuk penurunan dan pencegahan stunting. Bahwa semua itu bisa dikendalikan dengan kuliner yang ada.

Terlebih Kepri 96 persen daerahnya merupakan lautan. Ikan dengan protein tinggi untuk menekan stunting tersedia cukup banyak.

“Dengan kuliner dari ikan, yang proteinnya tinggi, kita bisa mencegah dan menurunkan angka stunting,” kata Marlin.

 

Mungkin Anda juga menyukai