Pemko Batam Terima Hibah Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Perpustakaan Nasional RI

Kunjungan Kerja Panja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan (PLTP) Komisi X DPR RI

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi secara simbolis menerima bantuan hibah satu unit mobil perpustakaan keliling yang diserahkan langsung oleh Panja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan (PLTP) Komisi X DPR RI, dalam rangka kunjungan kerja ke Kota Batam, di Kantor Wali Kota Batam, Jumat (16/6/2023). Panja Peningkatan Literasi dan Tenaga Perpustakaan (PLTP) Komisi X DPR RI dipimpin oleh Dr. H. Abdul Fikri Faqih, M.M.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan plat mobil berwarna merah, untuk dapat dimanfaatkan oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Batam melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Mobil perpustakaan keliling, dilengkapi dengan 300 buku, tape, 4 televisi, dan mesin genset.

“Syukur, dengan ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam memiliki dua unit kendaraan pustaka keliling, yang dapat kita gunakan salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan meningkatkan minat serta angka literasi di Kota Batam,” kata Rudi.

Menurut survei Perpusnas RI Tahun 2022 sendiri, Instrumen Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kota Batam mencapai kategori tinggi dengan perolehan nilai 82.13. Dimana pada tahun tersebut, Perpusnas RI bersama Pemko Batam juga mengukuhkan Bunda Literasi Kota Batam, Marlin Agustina.

“Upaya Kota Batam untuk meningkatkan angka literasi salah satunya adalah melalui Bunda Literasi Kota Batam. Kemarin telah dilaksanakan kegiatan seminar Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),” katanya.

Dengan masifnya pembangunan di Kota Batam, Rudi menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur yang tengah gencar dibangun, sangat mempengaruhi minat membaca anak- anak di Kota Batam. Rudi berharap dengan pembangunan juga, anak- anak Batam dapat mandiri dalam hal literasi.

 

“Maka hari ini kita bangun infrastruktur, tidak lain dampaknya untuk anak- anak di Kota Batam dalam meningkatkan taraf hidup dan perekonomian untuk masyarakat yang lebih sejahtera,โ€ jelas Rudi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam, Samudin menyampaikan pada tahun 2021 lalu Perpusnas RI juga menghibahkan Pojok Baca Digital (POCADI), dan total hibah buku sejak tahun 2021 s.d. 2023 sebanyak 2.400 Eksemplar.

โ€œKemudian, untuk layanan daring perpustakaan dapat diakses melalui https://perpustakaan.batam.go.id/pendaftaran, gratis dan layanan ASK LIBRARIAN tanpa harus datang ke Perpustakaan Kota Batam,โ€ tambahnya.

Sedangkan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau, dalam kesempatan tersebut turut menjelaskan terkait “pemanfaatan buku bacaan bermutu untuk penguatan literasi di bumi gurindam 12 Kepulauan Riau”, yang kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab.

 

Mungkin Anda juga menyukai