Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Jefridin Imbau Jangan Golput

MC Pemko Batam – Jefridin, M. Pd, Sekretaris Daerah Kota Batam mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka secara resmi kegiatan Gerakan Cerdas Memilih RRI Batam dalam rangka Memperkuat Demokrasi Melalui Partisipasi Pemilih Pemula. Kegiatan yang bertemakan “Menuju Pemilih Cerdas Untuk Indonesia Hebat” diikuti pelajar dan mahasiswa di Kota Batam di Auditorium Politeknik Batam, Rabu (31/05/2023). Harapannya, melalui kegiatan ini para pemilih pemula di Kota Batam cerdas dalam memilih dan menggunakan hak suaranya.

“Atas nama Bapak Wali Kota Batam, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada RRI Kota Batam yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan hari ini sangat penting untuk meningkatkan partisipasi Pemilu perlu sosialisasi dan pertemuan seperti ini,” ujar Jefridin dalam sambutannya.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para pemilih pemula memahami aturan Pemilu sehingga melahirkan pemilih cerdas. Terlebih pelaksanaan Pemilu serentak pada 2024 mendatang sehingga untuk meningkatkan partisipasi pemilih menurutnya harus saling berkolaborasi. Jefridin juga mengimbau agar masyarakat Kota Batam terutama pemilih pemula untuk tidak Golput.

“Berikan hak suara dengan sebaik mungkin agar bisa ikut menentukan pemimpin negara ini,” tuturnya.

Katanya, Pemerintah Kota Batam turut serta mendorong kepemilikan KTP bagi para pemilih pemula. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, menyisir ke Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk penerbitan KTP. Jefridin juga berpesan untuk cerdas dan bijak menggunakan media sosial. Informasi yang diterima menurutnya harus dibaca dan dipahami.

“Otomatis anak yang berusia 17 tahun harus memiliki KTP. Tanpa KTP mereka tidak bisa memilih,” ujarnya.

Kepala statsiun RRI Batam, Agus Rusmin Nuryadin menyampaikan kegiatan ini sebagai edukasi sekaligus mendorong para pemilih pemula untuk menyalurkan suaranya dan menjaga kualitas Pemilu. Program Gerakan Cerdas Memilih merupakan kegiatan sosialisasi tentang segala hal yang berkaitan dengan Pemilu Serentak tahun 2024. Untuk memudahkan pemilih pemula memahami maka kegiatan ini dikemas dengan Format Farity Show. Selain dialog juga diisi hiburan lagu.

“Sebagai LPP RRI memiliki tanggungjawab besar untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024, melalui program siaran on air maupun kegiatan off air yang dapat memberikan literasi,” tuturnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan literasi kepada semua lapisan masyarakat, termasuk pemilih pemula dan kelompok marginal tentang tahapan pemilu dan regulasinya. Meningkatkan angka partisipasi pemilih, meminimalkan Golput, mendorong terwujudkanya Pemilu yang berkualitas.

Mungkin Anda juga menyukai