Jefridin: Pendidikan Berhasil Jika Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Terpenuhi

Seminar Pendidikan dan Pemberdayaan Kader di Era 5.0′ PC IPNU-IPPNU Kota Batam

MC Pemko Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, M.Pd. hadir secara langsung pada kegiatan Seminar Pendidikan dan Pemberdayaan Kader di Era 5.0′ PC IPNU-IPPNU Kota Batam.

Jefridin hadir mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Seminar tersebut diselenggarakan di Pondok Pesantren Manbaul Hidayah RT.004 RW.010, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas diselenggarakannya seminar pendidikan tersebut. Tentunya diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi pesertanya.

“Sesuai temanya, saya kira kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua,” kata Jefridin, Kamis (1/6/2023).

Jefridin mengatakan pendidikan merupakan proses pendewasaan anak manusia. Dimana terdapat tiga aspek untuk menuju proses pendewasaan tersebut.

Pertama adalah kognitif yang merupakan pengetahuan, yakni proses seseorang yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu sesuatu. Kemudian yang kedua adalah afektif yang merupakan sikap sesorang.

“Bagaimana sikap kita kepada adik-adik kita, kepada orang tua atu juga kepada guru kita. Jadi sikap itu ada banyak,” katanya.

Selanjutnya yang ketiga yang didewasakan adalah psikomotorik dimana berkaitan dengan keterampilan individu dalam suatu hal tertentu.

“Jadi bisa kita simpulkan proses pendewasaan itu merupakan akumulasi dari koginitif, afektif dan psikomotorik,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai