Wako Batam: Penyiapan SDM yang Sempurna Diupayakan dengan Komitmen Bersama dalam Mengimbangi Pembangunan Fisik saat Ini

Salah Satu Upaya Tersebut dengan Pelaksanaan PPDB dengan Baik dan Solutif

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengingatkan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam serta semua kepala sekolah SD dan SMP untuk dapat mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sebaik mungkin.

Hal itu disampaikan Rudi saat membuka Workshop PPDB SD dan SMP tahun pelajaran 2023/2024 di Harmoni One Hotel. Workshop tersebut diselenggarakan Disdik Kota Batam sebagai salah satu persiapan PPDB di Kota Batam.

Rudi berharap permasalahan PPDB yang biasa terjadi selama ini, dapat diantisipasi dengan baik. Itu sebabnya Kepala Sekolah, Kabid, Kepala Disdik Kota Batam harus selalu berkoordinasi, sehingga setiap permasalahan dapat segera diselesaikan.

“Lakukan pendataan dari awal, berapa jumlah yang harus diterima. Dan berapa perkiraan anak-anak kita yang akan mendaftar,” kata Rudi, Senin (22/5/2023).

Kemudian Rudi juga mengingatkan kepada semua Kepala Sekolah dan panitia PPDB, jangan sekali-kali melakukan pungutan liar pada PPDB. Menurutnya, sudah ada aturan dan mekanisme yang jelas terkait PPDB.

“Saya pesan dan titip betul terkait ini, jangan sampai ada pungutan satu rupiah pun dari PPDB ini,” katanya.

Selain itu, Rudi juga meminta dalam PPDB tahun ini tidak ada diskriminasi, semua anak yang mendaftar harus diperlakukan dengan sama. Kepala Sekolah diharapkan dapat menekankan hal ini kepada panitia PPDB di lapangan.

“Jangan sampai karena satu kampungnya, kemudian diutamakan dan didahulukan untuk diterima. Jangan sampai ada diskriminasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tak hanya fokus dalam pembangunan infrastruktur saja, tapi juga bagaimana peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Itu sebabnya anggaran pendidikan dalam APBD tidak pernah kurang dari 20% tahun ini, bahkan tahun 2023 ini alokasi anggaran pendidikan Kota Batam mencapai 23%. Hal itu tidak lepas dari komitmen Pemko Batam untuk pendidikan.

“SDM ini sangat penting, infrastruktur sedang saya  bangun, tapi SDM juga terus menjadi prioritas,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai