Persiapkan KEK Kesehatan, Walikota Rudi Dorong Kompetensi Dokter Spesialis Anestesi

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi yang juga menjabat Kepala BP Batam sangat mendukung peningkatan profesionalisme para dokter spesialis anestesi. Dengan meningkatnya kompetensi para dokter anestesi, diharapkan akan semakin berkualitas pelayanan kesehatan di Kota Batam.

Harapan itu disampaikan Walikota Rudi saat memberikan sambutan pada Pelantikan Pengurus Persatuan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif (Perdatin) Cabang Kepri Periode 2022-2025 di Hotel Aston & Residence, Minggu (14/5/2023) pagi. Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua IDI Wilayah Kepri Dr Rusdani MKKK.

“Selamat kepada pengurus Perdatin yang telah dilantik. Tentu kita sangat berharap ini semakin mendorong kompetensi para dokter spesialis anestesi di Kepri, khususnya di Kota Batam,” ungkap Walikota Rudi.

Peningkatan pelayanan kesehatan yang semakin membaik, sambung Rudi, akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Kota Batam. Dia mencontohkan banyaknya WNI yang berkunjung ke negara tetangga demi mendapatkan pelayanan kesehatan atau pengobatan yang lebih baik.

“Bila pelayanan kesehatan kita semakin baik tentu wisatawan yang datang ke Batam, akan senang. Mereka akan datang kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan itu,” tambah Rudi.

Atas dasar itu pula, Walikota Rudi menegaskan telah meluncurkan konsep Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Kota Batam. Rumah sakit yang beroperasi dalam wilayah KEK ini tentu akan dilengkapi fasilitas atau peralatan kesehatan terkini sehingga tugas dokter dalam mendiagnosa dan mengobati pasien akan semakin baik.

“KEK Kesehatan ini juga kita luncurkan terkait dengan ketersediaan kelengkapan peralatan pendukung medis. Dalam wilayah KEK ini kita ingin peralatan tersebut dapat masuk dengan mudah dan dengan biaya yang lebih murah. Soalnya banyak peralatan dan kelengkapan medis yang harganya sangat mahal,” papar Rudi.

Bahkan, kata Rudi, untuk kelengkapan suatu ruangan terapi yang komplit, anggarannya bisa mencapai ratusan miliar rupiah. Hal ini karena sejumlah peralatan harus diimpor dari luar negeri.

“Tapi kita juga perlu menyiapkan SDM kesehatan kita sehingga KEK Kesehatan ini nanti benar-benar berkontribusi besar bagi masyarakat dan perekonomian Kota Batam,” ungkap Rudi disambut tepukan para dokter yang hadir.

Rudi juga memaparkan mengenai pembangunan jalan dan Bandara Hang Nadim, yang suatu saat diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Batam. Untuk itulah berbagai sektor pendukung lainnya perlu disiapkan termasuk kesehatan sehingga membuat pengunjung ke Batam, semakin nyaman.

“Ini tentu diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi kita. Baru dibuka akses pasca Covid-19 ini saja, ekonomi Batam sudah tumbuh di atas rata-rata nasional dan provinsi. Apalagi bila pembangunan infrastruktur ini sudah selesai nantinya. Untuk itulah, masyarakat dan semua sektor harus bersiap menyambut dan mendukung terwujudnya Batam Kota Baru yang lebih baik bagi kita semua,” ungkap Walikota Rudi disambut aplaus para dokter.

Sebelumnya Ketua IDI Kepri Dr Rusdani mengucapkan terima kasih atas dukungan Wali Kota Batam terhadap profesi dokter dan bidang kesehatan lainnya. Dia juga berharap kepengurusan Perdatin yang baru dapat mendorong peningkatan kompetensi spesialis anestesi.

Anestesi sendiri adalah pelayanan dokter agar pasien tidak merasakan sakit saat menjalani operasi. Diantara tindakan spesialis anestesi adalah pembiusan sebelum tindakan operasi.

Pelantikan perkumpulan dokter spesialis anestesi Kepri ini pula dilakukan Ketua IDI Kepri Dr Rusdani disaksikan Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi.

Mungkin Anda juga menyukai