Kafilah Batam Disambut Dengan Prosesi Tepuk Tepung Tawar, Piala Juara Umum Diarak

MC  Pemko Batam – Turun dari Kapal Batam 1, rombongan Kafilah Kota Batam disambut oleh Jefridin, M. Pd, Sekretaris Daerah Kota Batam, Senin (15/05/2023) di Pelabuhan Domestik Sekupang. Kafilah Kota Batam berhasil mempertahankan juara umum pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) Tingkat Provinsi Kepri ke-X yang dihelat di Kabupaten Tanjungbalai Karimun. Rombongan kafilah Batam dipimpin oleh Ketua Kafilah Kota Batam, Yusfa Hendri. Piala juara umum tampak diarak diantara rombongan para kafilah Batam. Kafilah Kota Batam disambut dengan prosesi adat tepuk tepung tawar kepada perwakilan Kafilah. Jefridin juga melakukan prosesi adat tepuk tepung tawar kepada Ketua Kafilah Kota Batam, Yusfa Hendri.

“Atas nama Wali Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam, Saya ucapkan selamat karena Batam berhasil meraih juara umum. Mudahan-mudahan ini menjadi semangat lagi buat kita. Dengan keberhasilan ini, kita akan siap untuk ikuti STQ Tingkat Nasional di Jambi,” ucap Jefridin.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang tidak bisa menyambut kedatangan Kafilah Kota Batam. Namun dengan keberhasilan Kafilah Kota Batam, maka Batam mempunyai daya tarik baru sebagai kota religi. Keberhasilan ini menjadi langkah untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti STQ Tingkat Nasional.

“Batam kota modern dan qori/qoriahnya juga keren. Sekali lagi terimakasih kepada para Kafilah, pendamping dan pelatih. Alhamdulilah kita juara dan harus kita syukuri. Terimakasih kepada qori dan qoriah, ananda Saya sudah mengharumkan nama Batam,” katanya mengakhiri sambutan.

Ketua Kafilah Kota Batam, Yusfa Hendri, menyampaikan Kafilah Kota Batam berhasil membawa kembali piala juara umum pada STQH ke-X Tingkat Provinsi Kepri. Dalam laporannya ia menyampaikan seluruh Kafilah Kota Batam berjumlah 109 orang dengan peserta yang mengikuti lomba 22 orang.

“Dari Empat cabang yang dilombakan 20 kategori dan Kafilah Batam semua meraih juara. Juara 1 ada 10 yang kita menangkan, 6 juara 2, 3 juara 3 dan 1 juara 4. Selanjutnya kita menunggu LPTQ memanggil untuk Training Center (TC),” jelas Yusfa dalam sambutannya.

 

Pada pelaksanaan STQH ini juga ada lomba yang lain, lomba bazar Kota Batam berhasil meraih juara 1, lomba pawai juara 2 dan lomba rabana Kota Batam meraih juara 3.

“Artinya semua yang dilombakan Kota Batam mendapat predikat yang baik. Atas nama Kafilah Kota Batam, Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, atas perhatian, dedikasi dan dukungan. Tentu juga doa dari seluruh masyarakat Batam kami ucapkan terimakasih,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam ini.

Katanya, dari proses TC satu dan dua dihadiri oleh Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Batam. Bahkan keberangkatan dan kepulangan para Kafilah Kota Batam menggunakan Kapal Batam 1. “Sekali lagi kami haturkan terimakasih sedalam-dalamnya. Bapak Wali Kota juga menjanjikan untuk Kafilah ada bonus dan ada juga  rencana untuk mengajak Kafilah jalan-jalan ke Johor. Apa yang disembahkan oleh kafilah adalah untuk seluruh masyrakat Batam,” ujarnya bangga.

Acara penyambutan Kafilah Kota Batam dihadiri Ketua LAM Kota Batam, Makmur Ismail, Tukijan Sarpan Ketua LAM Kecamatan Sekupang. Hadir Juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata, Camat Sekupang Kamarul.

Mungkin Anda juga menyukai