Pegawai Pemko Batam Antusias Ikuti Pengajian Bulanan

MC Pemko Batam – Ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengikuti Pengajian dan Wirid Bulanan Pegawai Pemerintah Kota Batam, Jumat (28/02023) di aula lantai IV Kantor Walikota Batam. Pengajian pagi itu diawali dengan sama-sama membaca surat Yasin. Dan di lanjutkan dengan mendengarkan ceramah agama yang disampaikan oleh ustadz Dr. H. Muhammad Juni Beddu, Lc. MA.

Kabag Kesra Setdako Batam, Mahlil mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran pegawai dalam kegiatan kajian rutin ini.

“Atas nama Pemko Batam, saya mengucapkan selamat Idul Fitri 1444 Hijriah. Ini masih di bulan Syawal, mohon maaf lahir dan batin,” tutur Mahlil.

Dalam kesempatan itu, Mahlil juga menginformasikan terkait kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang akan digelar pada 9 Mei 2023 mendatang. Sebelum berlaga di tingkat STQ, terlebih dahulu peserta STQ akan mengikuti Training Centre (STC) yang akan dimulai dalam waktu dekat ini. Mahlil berharap kafilah dari Kota Batam dapat menampilkan yang terbaik saat tampil nanti.

Pagi itu ceramah agama mengangkat tema tentang Warisan. Ustadz Dr. H. Muhammad Juni Beddu, Lc. MA menyampaikan warisan artinya memindahkan hak milik pada orang lain melalui wasiat. โ€œWarisan adalah segala sesuatu yang diberikan kepada ahli waris untuk dimiliki pewaris, baik itu berupa hak atau harta maupun kewajiban berupa hutang,โ€ jelasnya

Apabila hutang yang ditinggalkan maka pewaris harus menyelesaikan hutang tersebut. Apabila pewaris tidak memiliki harta untuk membayar hutangnya, hutang bisa dibayarkan melalui Baitul Maal. Ustadz Juni menyampaikan ada tiga nasab, sebab nasab kekerabatan dalam hal ini kepada anak. Kedua, pernikahan yang terjadi dengan akad yang sah. Ketiga memerdekakan budak.

Mungkin Anda juga menyukai