Di Natuna, Marlin Berbagi Rahasia

MC Pemko Batam – Wakil Gubernur Kepri Hj Marlin Agustina Rudi berbagi rahasia dapur. Kali ini, rahasia tentang bagaimana memasak seafood Bersama masyarakat Natuna.

“Banyak resep yang bisa diolah dari kekayaan biota laut kita. Yang hari ini, semoga menambah ragam menu olahan makanan laut. Semoga bermanfaat,” kata Marlin di S Caffe, Ranai, Natuna, Jumat (3/3).

Marlin ke Natuna memang untuk membuka Acara Pelatihan Tata Boga yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Riau. Kehadiran Marlin pun langsung didampingi Kepala Dinasnya, Any Lindawati.

Rupanya, Ketua TP PKK Kota Batam ini tak hanya membuka pelatihan tata boga itu. Marlin langsung berpraktik memasak makanan yang disajikan.

Marlin, yang pernah mengikuti sekolah Chef ini, menjelaskan satu persatu tentang menu yang akan disajikan. Mulai dari bahan-bahan, bumbu-bumbu dan beragam hal lainnya terkait pelatihan hari itu.

Menurut Marlin, tujuan pelatihan ini agar masyarakat termotivasi untuk menyajikan makanan yang bervariasi, enak dan tentu bergizi. Selain itu, kata Marlin, juga untuk menyosialisasikan gemar makan ikan.

Setelah diolah, menu seafood tumpah ini disajikan untuk dinikmati bersama-sama.

“Enaaak,” kata salah seorang peserta.

Ketua PIKORI BP Batam ini saat ini memang terus mendorong olahan makanan laut. Baik untuk mendukung pencegahan dan penurunan Stunting maupun untuk mendorong munculkan wirausahawan baru. Terutama dari kaum ibu.

“Entreprenuer baru memang ingin kita tumbuh kembangkan. Terutama ibu-ibu. Karena itu kita membuat olahan makanan laut yang dari bahan, manajemen mutu, hingga pemasarannya,” kata Marlin.

Sementara, untuk Stunting, Marlin ingin berbagai olahan itu membuat konsumsi anak-anak terhadap makanan laut meningkat. Terutama olahan ikan.

Menurut Marlin, laut Kepri yang luas ini harus memberi banyak manfaat. Terlebih untuk mewujudkan generasi cerdas. Protein yang tinggi dari makanan laut, harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

“Biar masyarakat dapat membuka peluang usaha dan membantu ketahanan ekonomi keluarga,” kata Marlin.

Mungkin Anda juga menyukai