Walikota Rudi Lantik Pengurus IKBL, Bupati Langkat Kagumi Pembangunan Kota Batam

MC Pemko Batam – Pesatnya pembangunan Kota Batam dikagumi banyak tamu yang datang berkunjung, termasuk Bupati Langkat Syah Afandin. Dia menilai pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi Kota Batam di era kepemimpinan Haji Muhammad Rudi, benar-benar luar biasa.

Kekaguman itu disampaikan pria yang akrab disapa Bang Omdin itu saat memberikan sambutan pada kegiatan pelantikan pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Langkat (PKBL) Kota Batam di Hotel Golden View, Bengkong, Batam, Jumat (10/2/2023) malam. “Pertama kali saya ke Batam masih agak sepi. Tapi, sekarang luar biasa perkembangannya. Ini tentu berkat tangan dingin Bang Rudi,” ungkapnya.

Sebelumnya, senyum keceriaan terpancar dari ratusan wajah warga Kota Batam asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, saat menyambut kedatangan Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi. Terlebih kedatangan Orang Nomor Satu di Kota Batam itu untuk melantik pengurus PKBL yang dipimpin Syaiful Anwar.

Pelantikan PKBL dilakukan Wali Kota Rudi dengan cara membacakan naskah pelantikan diikuti oleh para pengurus. Dia juga melakukan penyerahan petaka kepada Syaiful Anwar ST.

Usai pelantikan, Syaiful Anwar dalam sambutannya sangat berterima kasih atas kehadiran Wali Kota Rudi dan Bupati Langkat Syah Afandin. Menurutnya, Wali Kota Rudi sangat pantas disebut Bapak Pembangunan Kota Batam karena berkat kerja kerasnya Batam bagaikan kota baru yang pembangunan infrastruktur berkembang pesat dan cepat sehingga membanggakan bagi warganya.

“Harus kita akui dibawah pimpinan Pak Rudi, pembangunan Batam sangat pesat. Saya mengajak seluruh warga Batam asal Langkat untuk bersinergi dengan pemerintah dan warga lainnya untuk membangun dan menjaga kerukunan kota ini,” ungkapnya disambut tepukan warga yang hadir.

Sinergi sesama warga Batam asal Langkat, sambung Syaiful, dapat dilakukan dengan selalu menjalin silaturrahmi. Dia juga menyebut bahwa PKBL sudah eksis sejak tahun 2005 dan diperkirakan warga Batam asal Langkat mencapai 30 ribu orang.

Sementara itu Bupati Langkat Bang Omdin berterima kasih atas kehadiran Wali Kota Rudi pada pelantikan tersebut. Dia juga menyebut dalam kunjungan ke Batam dirinya ditemani Sekda Amril, Ketua Kadin Zulkifli dan sejumlah pengurus Kadin Langkat serta Kadin Sumatera Utara.

“Ribuan warga Batam asal Langkat ini bisa menjadi stimulan pembangunan. Apalagi kita ini satu puak Melayu yang sangat terkenal mengedepankan kesantunan dan etika. Saya bawa ramai ke sini, karena di Langkat itu Batam ini sangat terkenal. Kalau sudah ke Batam, semuanya mau ikut,” ungkap Bupati Omdin sembari bercanda.

Sambutan Bupati Omdin yang penuh dengan joke-joke segar dan candaan membuat suasana pertemuan terasa penuh keakraban dan kekeluargaan. Dia pun menitipkan kepada Wali Kota Rudi untuk membina warga Batam asal Langkat tersebut serta diajak berkolaborasi membangun Batam.

“Saya pesan ke warga asal Langkat. Kita ini satu puak Melayu. Terkenal dengan etika. Tetaplah kompak dan berkolaborasi dengan pemerintah setempat,” pinta Bupati Omdin.

Sementara itu Wali Kota Rudi mengucapkan selamat atas pengurus PKBL yang baru dilantik. Menurutnya, Batam merupakan miniatur Indonesia yang memiliki beragam suku dan agama. Dia pun mengingatkan bahwa warga asal Langkat yang menetap di Batam sudah menjadi warga Kota Batam.

“Kan semua sudah memiliki KTP Batam. Jadi semuanya warga Batam. Kita boleh sebut warga Batam asal Langkat,” ungkap Rudi disambut tepukan warga.

Wali Kota Rudi juga berpesan kepada pengurus PKBL untuk bersabar dalam memimpin paguyuban. Soalnya, mengurus paguyuban adalah pekerjaan sosial yang tidak mendapatkan gaji. Jadi, harus dilakukan dengan sabar dan ikhlas.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Rudi untuk memaparkan program besar pembangunan Kota Batam. Yakni, pelebaran jalan dari Pelabuhan Kontainer Batu Ampar ke Nongsa melewati Bandara Hang Nadim menjadi lima lajur kiri dan lima lajur kanan. Selain itu juga pengembangan Bandara Hang Nadim menjadi pelabuhan internasional bekerjasama dengan Incheon Korea Selatan.

Pengembangan Bandara ini, kata Rudi, akan mendorong banyaknya kunjungan wisatawan. Untuk itulah dia mengajak warga Batam asal Langkat untuk berinovasi membuat produk-produk yang menarik bagi pengunjung, baik kuliner, jasa, maupun souvenir.

Pelantikan pengurus PKBL Kota Batam ini juga dihadiri anggota DPRD Kepri Sugiyanto yang juga Pembina PKBL. Sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Batam juga terlihat hadir.

Mungkin Anda juga menyukai