Membangun Budaya Literasi Menuju Batam Madani

Media Center Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mendorong geliat budaya literasi di Batam. Hal ini ia sampaikan saat hadir dalam Temu Tokoh Literasi dengan Tema “Membangun Budaya Literasi Menuju Batam Madani” yang ditaja Kantor Bahasa Kepri di Hote Harmoni One, Kamis (25/11).

“Jadi literasi merupakan hal yang penting dan perlu digiatkan terus,” ucap Jefridin.

Ia berterimakasih kepada Kantor Bahasa yang selama ini fokus menggelar kegiatan yang bersifat literasi dan kebangsaan. Terlebih di Batam tidak memiliki fakultas ataupun jurusan bahasa. “Kemudian yang terkait kegiatan hari ini, saya ingin ucapkan tahniah atau selamat,” katanya.

Ia mengatakan, literasi umumnya merujuk pada kemampuan dan keterampilan individu di bidang kebahasaan. Menurut Jefridin yang juga merupakan lulusan sekolah keguruan ini, realitas minimnya literasi sudah mulai nampak sejak dirinya kuliah. Agar kondisi ini tidak terus-terus terjadi hingga kini, ia memandang perlu harus ada banyak kegiatan yang berkenaan dengan literasi.

“Saya takut literasi akan terus menurun, saya ingin ada seperti lomba membuat resensi buku. Ini sebagai upaya memperkaya literasi,” harap dia.

Lanjut dia, Pemko Batam melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah mendorong masyarakat tetap mempertahankan budaya membaca melalui berbagai program.

Pada kesempatan ini, Jefridin menyempatkan diri untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mawas diri terkait Covid-19. Kini penanganan Covid-19 di Batam sangat baik, namun demikian ia mengajak masyarakat untuk tidak abai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Semoga Batam cepat terbebas dari pandemi ini,” harap dia.

Mungkin Anda juga menyukai