𝐏𝐞𝐥𝐚𝐭𝐢𝐡𝐚𝐧 𝐋𝐢𝐭𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐝𝐚𝐧 𝐍𝐮𝐦𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐑𝐚𝐧𝐠𝐤𝐚 𝐌𝐞𝐧𝐜𝐢𝐩𝐭𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐏𝐨𝐥𝐚 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐊𝐫𝐞𝐚𝐭𝐢𝐟 𝐝𝐚𝐧 𝐈𝐧𝐨𝐯𝐚𝐭𝐢𝐟 𝐁𝐚𝐠𝐢 𝐆𝐮𝐫𝐮 𝐏𝐀𝐔𝐃

𝐃𝐢𝐬𝐤𝐨𝐦𝐢𝐧𝐟𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦- Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pendidikan Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Literasi dan Numerasi bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kota Batam di Hotel IBIS Style, Senin (4/03/2024). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berharap melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas layanan PAUD dan menguatkan sinergi dan kolaborasi bersama Bunda PAUD dan bunda literasi untuk menciptakan pola pembelajaran yang kreatif, inovatif sekaligus menyenangkan.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah dan Wali Kota Batam berterimakasih dan apresiasi atas digelarnya pelatihan ini. Pelatihan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas guru dalam mendidik anak-anak Kita yang dibawah usia 6 tahun. Diakui sangat sulit mendidik anak-anak di usia tersebut,” ucapnya.

Ia mengapresiasi Bunda PAUD Kota Batam, Marlin Agustina Rudi yang konsen memperhatikan pendidikan anak usia dini di Kota Batam. Jefridin juga menyatakan Pemerintah Kota Batam siap memfasilitasi proses administasi perizinan pendirian jenjang pendidikan PAUD. Pemko Batam, ujarnya, sangat konsen terhadap pendidikan, karena pendidikan dari jenjang PAUD/TK, SD dan SMP menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah.

Tahun 2024 dialokasikan anggaran pendidikan sebesar 24 persen dari APBD Kota Batam. Namun anggaran sebesar ini menurutnya tidak cukup, mengingat pertumbuhan penduduk di Kota Batam bukan hanya dari angka kelahiran melainkan juga dari angka kedatangan.

“Masih ada sekolah yang double ship, karena tiap tahun saat ajaran tahun baru selalu ada masalah kekurangan kelas. Namun kebijakan Wali Kota Batam, saat ini adalah membangun ruang kelas baru,” tuturnya.

Ia mengimbau peserta pelatihan mengikuti kegiatan dengan baik dan dapat mengaplikasikan saat memberikan materi di sekolahnya masing-masing. Kepada seluruh peserta Ia mengucapkan selamat mengukuti pelatihan, dan diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaiknya.

Bunda PAUD Kota Batam, Marlin Agustina Rudi sekaligus Wakil Gubernur Provinsi Kepri menyampaikan literasi tidak hanya pendidikan kognitif, melainkan juga kemampuan anak dalam hal mempengaruhi diri anak dalam menggunakan bahasa tubuh. Sebagai Bunda PAUD, Ia berharap ada kedekatan antara guru dengan orang tua. Karena orang tua juga berperan dalam kemajuan kognitif anak di rumah.

Karena pengenalan literasi dan numerasi pada anak usia dini dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti bermain sambil belajar. Literasi dan numerasi merupakan kemampuan yang sangat penting yang perlu dibangun sejak anak usia dini.

“Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini, guru PAUD dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di sekolah masing-masing,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto menyampaikan kegiatan bertemakan “Mewujudkan Pendidik PAUD yang Cerdas, Berkarakter dan Profesional. Ia menyampaikan capaian raport pendidikan Kota Batam tahun 2023 meningkat menjadi 79,82 dari sebelumnya 72,20. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan hasil raport tiap tahunnya. Melalui pelatihan ini diharapkan tenaga pendidikan dapat memahami bentuk pendidikan Literasi dan Numerasi.

Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Gunarti Dwi Lestari dan Nurfadillah dari Kemendikbud Ristek RI.(*)

Mungkin Anda juga menyukai