𝐉𝐚𝐦𝐛𝐨𝐫𝐞 𝐒𝐚𝐤𝐨 𝐏𝐫𝐚𝐦𝐮𝐤𝐚 𝐇𝐢𝐝𝐚𝐲𝐚𝐭𝐮𝐥𝐥𝐚𝐡, 𝐉𝐞𝐟𝐫𝐢𝐝𝐢𝐧 𝐓𝐚𝐧𝐚𝐦𝐤𝐚𝐧 𝐉𝐢𝐰𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐏𝐞𝐫𝐢𝐥𝐚𝐤𝐮 𝐆𝐞𝐧𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢 𝐇𝐞𝐛𝐚𝐭 𝐌𝐞𝐥𝐚𝐥𝐮𝐢 𝐏𝐫𝐚𝐦𝐮𝐤𝐚

Diskominfo Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, menanamkan jiwa Pramuka pada generasi bangsa. Baginya, dengan tanam jiwa Pramuka generasi bangsa akan berguna bagi banyak orang.

Hal itu disampaikan Jefridin saat mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka Perkemahan Jambore Wilayah Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Pramuka Hidayatullah se-Kepulauan Riau di Bumi Wisata Perkemahan Nuvasa Bay, Nongsa, Minggu (5/2/2023).

“Pak Wali menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Sako Hidayatullah yang sudah melaksanakan perkemahan ini,” ujarnya di hadapan 1.000 peserta tersebut.

Sebelumnya, kegiatan tersebut dilaksanakan di Karimun. Jefridin yang juga sebagai Ketua Kwarcab Batam tersebut berpesan, kepada peserta asal Batam untuk ikut melayani peserta lain dari luar Batam.

“Ini ajang bersilaturahmi. Khusus yang dari Batam, layani dan temani dengan baik kawan-kawan yang dari luar Batam,” ujar Jefridin.

Ia berpesan kepada semua peserta untuk mengikuti kegiatan itu dengan baik agar memahami dan mendalami makna kehidupan yang diajarkan oleh Pramuka.

“Kenapa Pramuka dilambangkan tunas kelapa, karena ini adalah satu-satunya tumbuhan yang bisa tumbuh di mana saja, di pantai, di gunung, hingga di gantung sekalipun,” ujarnya.

Tak hanya itu, kelapa bisa bermanfaat mulai dari akarnya hingga pucuk. Untuk itu, ia menanamkan jiwa Pramuka pada generasi bangsa.

“Seorang Pramuka harus bisa seperti kelapa bisa hidup di mana saja sekaligus bermanfaat untuk semua, bangsa agama, keluarga dan diri sendiri,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai