Musrenbang di Batu Besar, Wali Kota Batam Muhammad Rudi Penuhi Harapan Warga

MC Pemko Batam – Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi menghadiri langsung Musrenbang Kelurahan Batu Besar Kecamatan Nongsa di Graha Citramas, Sabtu (14/1/2023) pagi.

Dia meminta langsung kepada warga yang hadir mulai RT/RW, tokoh masyarakat, perwakilan ibu-ibu dan sejumlah warga, untuk memberikan masukan dan menyampaikan berbagai hal terkait pembangunan di lingkungannya maupun di Kota Batam secara keseluruhan.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Batam, Rudi meminta masukan langsung dari warga selain usulan program pembangunan tertulis yang telah disampaikan. Beberapa warga juga menyambut peluang tersebut.

Diantara warga mengusulkan agar PSPK tidak hanya bangun jalan dan drainase tetapi juga fasilitas umum lainnya. Warga juga menyampaikan soal perbaikan gedung sekolah, drainase, dan lampu jalan. Bahkan warga juga mengusulkan program umroh gratis, seragam untuk kader Posyandu dan mengharapkan penambahan insentif kader Posyandu.

Warga juga melaporkan soal legalitas lahan kampung tua. Diantaranya soal tumpang-tindih lahan antara lahan yang ditempati warga dengan perusahaan sehingga ada pemukiman warga yang terancam digusur.

Wali Kota Batam, Rudi pun mendengar dengan sabar dan menjawab berbagai pertanyaan warganya dengan tenang dan cermat. Bahkan harapan kader Posyandu untuk kenaikan insentif, Rudi pun memenuhinya dengan menegaskan tahun ini insentif tersebut sudah dinaikkan dalam APBD.

“Khusus pembangunan drainase Pak Yusmanur (Kadis Bina Marga) supaya kita jadwalkan pertemuan lanjutan,” tegas Rudi.

Terkait legalitas kampung tua, Wali Kota Batam, Rudi meminta warga juga memahami aturan yang ada. Dia mengaku berusaha keras menyelesaikan legalitas kampung tua namun tidak mudah. Meski demikian momentum penyelesaian kampung tua ini sudah di depan mata.

Dia juga menjelaskan pembangunan Kota Batam saat ini juga memikirkan situasi jauh ke depan. Jika penduduk Batam saat ini satu juta lebih namun 20 tahun ke depan bisa tiga sampai empat juta.

“Untuk itulah kita bangun bandara yang moderen dan membuka jalan jadi lebar terutama wilayah Nongsa ini sebagai pusat wisata utama,” tegas Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dia juga memaparkan bahwa pembangunan lingkungan melalui PSPK sudah hampir rampung ke seluruh pemukiman warga. Dia pun meminta warga untuk.menjaganya dengan baik sehingga tahan lama.

Rudi juga memaparkan warga Batu Besar dan Nongsa secara umum perlu bersyukur karena daerah ini berkembang pesat. Selain kawasan industri Citramas, juga hadir Nongsa Digital Park. Pemerintah pula akan mengembangkan Bandara Hang Nadim.

“Bapak dan ibu harus lihat peluang ini. Jangan hanya lapangan kerjanya tetapi peluang ekonomi atau usaha yang bisa kita lakukan,” sarannya.

Sebelumnya Lurah Batu Besar Badri menyebutkan bahwa sesuai hasil pramusrenbang sudah disampaikan paket usulan pembangunan melalui non-PSPK maupun PSPK (program sarana prasarana kelurahan). Usulan sudah pun disampaikan melalui SIPD (sistem informasi pemerintah daerah).

“Tahun 2023 ini di Kelurahan Batu Besar ada 19 paket PSPK dengan anggaran sekitar Rp 3,3 miliar. Semoga semua program pembangunan ini lancar dan terima kasih Pak Walikota sudah menganggarkannya,” ungkap Lurah Badri.

Dalam Musrenbang Kelurahan Batu Besar ini terlihat hadir pula Wakil Walikota Amsakar Ahmad. Sejumlah kepala OPD, Lurah, dan Camat setempat.

Mungkin Anda juga menyukai