Di Muscab Pramuka, Amsakar Ajak Bermusyawarah dengan Hati

𝐌𝐂 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Gerakan Pramuka Kota Batam menggelar musyawarah cabang (muscab) di Hotel Swissbell Harbour Bay, Sabtu (24/12/2022). Muscab tersebut diikuti ratusan pengurus kwartir cabang (Kwarcab) dan kwartir ranting (kwarran) se-Kota Batam.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka Kota Batam dalam sambutannya, menjelaskan bahwa hakikat muscab bertujuan membahas laporan pertanggungjawaban (LPj) dan memilih pengurus baru. Amsakar sendiri mengisyaratkan tidak akan lagi melanjutkan untuk periode berikutnya.

“Kalau saya maju lagi, harus menang mutlak. Tapi, Pramuka ini organisasi yang mendidik karakter kita untuk menjadi karakter mulia. Kedepankan musyawarah mufakat. Jangan kita tonjolkan rivalitas. Diskusikan dengan positif dan konstruktif,” tegas Amsakar disambut tepukan gemuruh peserta.

Bahkan terang-terangan Amsakar menyodorkan nama Ketua Harian Jefridin Hamid yang juga Sekdako Batam untuk menggantikannya. Dia juga berharap Pramuka dapat menjadi contoh dan teladan bagi organisasi lain dalam hal suksesi yang berlangsung sejuk dan konstruktif.

“Pramuka ini organisasi mendidik karakter. Kita harus jadi contoh dan teladan. Kakak-kakak semua harus menjaga dan menonjolkan keteladanan ini. Mari kita bermusyawarah dengan hati,” tegas Amsakar disambut tepukan antusias peserta.

Amsakar juga menceritakan berbagai aktivitas Kwarcab Pramuka di masa kepemimpinannya. Diantaranya, tampil di berbagai lomba dengan prestasi membanggakan. Juga ikut terjun langsung dalam kegiatan penanaman pohon. Bahkan saat pandemi, anggota Pramuka ikut serta menjadi relawan.

Ke depan, Amsakar berharap Pramuka Kwarcab Batam makin berkontribusi untuk daerah ini . “Mari muliakan Pramuka ini dengan kerja ikhlas dan kerja cerdas,” ungkapnya.

Muscab ini sendiri dibuka oleh Ketua Kwarda Provinsi Kepri yang diwakili Kakak Huzaifah Dadang selalu Wakil Ketua Bina Muda.

Mungkin Anda juga menyukai