Dua Inovasi Batam Diunggulkan di Innovative Government Award 2022

𝐌𝐂 𝐏𝐞𝐦𝐤𝐨 𝐁𝐚𝐭𝐚𝐦 – Sebanyak 2 inovasi milik Batam diunggulkan dalam Innovative Government Award (IGA) 2022. Inovasi tersebut merupakan hasil dorongan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Sebelumnya, Kota Batam sudah menjaring 26 inovasi untuk diikutkan dalam IGA 2022. Dari total itu, sembilan inovasi berhasil dijaring dan 2 inovasi unggulan dipaparkan.

“Untuk inovasi ada dua yang kami unggulkan di IGA Tahun 2022,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Kamis (1/12/2022).

Adapun, dua inovasi unggulan itu yakni Roadshow PBB dan E-Sipuga. Untuk tim penilai IGA 2022 terdiri dari kemendagri dan LAN RI, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Tri Widodo Wahyu Utomo.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Batam, Raja Azmansyah menjelaskan, untuk inovasi Road Show PBB-P2 Kota Batam dengan adanya pemberian reward berupa doorprize/undian berhadiah bagi masyarakat Wajib Pajak yang telah melunasi PBB – P2 Kota Batam sebelum jatuh Tempo cukup memberikan dampak terhadap peningkatan PAD Kota Batam.

“Kegiatan Road Show PBB – P2 Kota Batam memudahkan warga Kota Batam wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak,” ujarnya.

Kegiatan Road Show PBB-P2 berlangsung di 12 Kecamatan dan dapat menjangkau ke seluruh masyarakat. Hal ini ditandai dengan Capaian Realisasi PBB – P2 Kota Batam selalu meningkat setiap tahunnya.

“Road Show PBB – P2 Kota Batam mendukung Urusan Pemerintahan Wajib Pelayanan Dasar Bidang Sosial yang mana urusan tersebut merupakan wewenang Pemerintah Kab/Kota serta berkolaborasi dengan BRK Syariah, BRI, BTN, BJB, Inspektorat, Kecamatan, dan Kelurahan,” katanya.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Batam, Novi Harmadyastuti menjelaskan terkait Sistem Informasi Pengarusutamaan Gender dan Anak (E-Sipuga) Kota Batam.

Pada awal pembangunan sistem E-Sipuga, hanya tersedia data terpilah, terdiri data terpilah PUG, data kelembagaan, dan data perempuan dan anak, serta data lainnya.

“Pembaharuan pada tahun 2021, terdapat penambahan fitur GAP (Gender Analysis Pathway) dan GBS (Gender Budget Statement),” ujarnya.

Dengan adanya E-Sipuga, dapat mempercepat dan mempermudah pelaksanaan perencanaan dan penganggaran berbasis Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui pemanfaatan data terpilah gender dan anak dalam Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) pada Perangkat Daerah (PD), melalui sistem yang terintegrasi dengan website resmi Pemerintah Kota Batam

“Aplikasi E-SIPUGA mendukung Urusan Pemerintahan Wajib Non-Pelayanan Dasar Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang mana urusan tersebut merupakan wewenang Pemerintah Kabupaten Kota serta berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah kota Batam,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai