BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya Ajukan Pelatihan Vokasi untuk 2020

Kepala BPJAMSOSTEK Batam Nagoya, Surya Rizal

Media Center Batam – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Batam Nagoya mengajukan program pelatihan vokasi untuk tahun anggaran 2020. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal mengatakan tahun ini pelatihan vokasi baru dilaksanakan di kantor cabang ibukota provinsi.

“Pelatihan vokasi ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kebijakan kantor pusat, karena ini pertama, diserahkan ke kantor cabang provinsi. Tapi kami akan usulkan untuk Batam di 2020 bisa melaksanakan juga,” kata Surya di Nagoya, Senin (30/12).

Jenis pelatihannya nanti tergantung pada kebutuhan peserta. Selain itu juga disesuaikan dengan ketersediaan lembaga di daerah.

“Nanti ada survei untuk menentukan jenis vokasi yang dibutuhkan. Bisa saja pelatihan operator alat berat misalnya seperti di Jawa Barat,” tuturnya.

Tahun pertama ini, untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan Batam masih mengikuti pelatihan di Kota Tanjungpinang. Pelatihan yang sudah berjalan yakni bidang kuliner khususnya koki pastry.

“Tahun ini dilaksanakan di BPJAMSOSTEK Tanjungpinang. Ada empat kelas, 80 orang. Di antaranya ada peserta dari Batam,” ujarnya.

Surya mengatakan pelatihan vokasi ini disiapkan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan program Jaminan Hari Tua (JHT) yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Berlaku baik bagi peserta yang sudah mencairkan dana JHT-nya maupun yang belum.

Mungkin Anda juga menyukai