Beri Arahan Saat Bimtek SAKIP, Jefridin Ingatkan Target SAKIP Pemko Batam 2023

Media Center Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin Hamid membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Bimbingan Teknis dan Asistensi Peningkatan Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Pemko Batam bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kepri Aula Engku Hamidah Lantai 4 Kantor Walikota Batam, Jumat (8/4).

Jefridin menyampaikan hendaknya kegiatan ini dapat diikuti dengan baik. Pasalnya, sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan. Terlebih sesuai arahan Wali Kota Batam Muhammad Rudi bahwa harus ada peningkatan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Pemko Batam.

“Target kita, sesuai arahan pak wali, nilai SAKIP Pemko Batam 2023 adalah A atau paling tidak BB,” ungkap Jefridin.

Seperti diketahui, tim SAKIP Pemko Batam terdiri dari Bidang Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Evaluasi Internal. Jefridin meminta tim, supaya sesegera mungkin membuat pedoman pelaksanaan dan dilegalkan serta dimutakhirkan.

“Tim SAKIP yang terdiri dari 4 bidang tersebut supaya berkoordinasi dengan seluruh Perangkat Daerah dan memastikan pelaksanaan 4 bidang tersebut di masing-masing Perangkat Daerah (PD),” ujar dia.

Jefridin menyebutkan, saat ini SAKIP Pemko Batam sudah diunggah dalam aplikasi e-SAKIP Reviu milik KemenPAN RB periode 30 Maret 2022. Untuk itu sebelum evaluator Nasional turun melakukan ‘table top examination’ supaya Tim SAKIP dan PD melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan.

“Saya harap masing-masing Pimpinan Perangkat Daerah supaya memahami, menguasai dan mempersiapkan presentasi pelaksanaan SAKIP di masing-masing PD,” harap dia.

Maka dari itu, Bimtek ini sangat penting untuk diikuti dengan sebaik mungkin. Kepada peserta, Jefridin berpesan agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Dari kesempatan bimtek ini, mudahan-mudahan bisa didapatkan pemahaman yang lebih baik,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai