Gerak Cepat Amsakar Tangani Longsor di Belakangpadang

Media Center Batam – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad bergerak cepat memberikan arahan kepada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Disperkimtam) Batam untuk segera melakukan langkah-langkah penanggulangan banjir di Kecamatan Belakangpadang.

“Tadi sudah saya minta Kepala Disperkimtam agar segera melakukan penanggulangan,” kata Amsakar Rabu (6/1/2021).

Menurut dia, longsor di Belakangpadang ini memang juga mendesak untuk segera dilakukan penanganan. Sebab dilihat dari luasanya menurut dia sekitar 300 meter persegi dengan ketinggian di atas tiga meter.

Untuk anggarannya Amsakar menilai dimungkinkan bisa menggunakan dana belanja tidak terduga sekitar Rp23 miliar. Hanya saja memang saat ini pihaknya masih mencari formula aturan yang tepat bagaimana anggaran ini salah satunya bisa digunakan untuk penanggulangan bencana.

“Tapi yang jelas ini sudah menjadi prioritas, kalau tidak bisa menggunakan anggaran belanja tidak terduga alternatifnya menunggu APBD Perubahan,” katanya.

Sementara waktu untuk pencegahan, pihaknya sudah meminta Camat dan Lurah untuk melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi. Sehingga nantinya diharapkan bisa mencegah longsor kembali.

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan longsor terjadi tepatnya di wilayah Batu Gajah, Belakangpadang. Akibat derasnya air hujan selama dua hari berturut-turut.

“Jadi tanah yang dibukit ini longsor, bahkan kemarin sempat menutup akses jalan di Batu Gajah ini,” kata Yudi.

Saat ini menurut dia sudah dilakukan pembahasan bersama dinas terkait guna penanggulangan tanah longsor tersebut. Sebab memang perlu segera penanganan agar ke depan longsor tidak terjadi kembali.

“Kemarin sudah kami sampaikan dan laporkan, supaya segera ditindaklanjuti,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai