Cegah Penyebaran Covid-19, PKK Batam Dilalukan Rapid Tes Gratis

Media Center Batam – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam memberikan rapid tes secara gratis kepada kadernya. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengatakan kader PKK sering turun ke lapangan untuk bertemu dengan masyarakat. Karena itu pihaknya menilai ibu-ibu kader PKK perlu dilakukan rapid tes massal.

“Rapid tes merupakan langkah awal untuk mendeteksi adanya virus di dalam tubuh kita,” kata Marlin di Puskesmas Sei Langkai, Sagulung, Rabu (16/12/2020).

Namun, Marlin meminta kepada para kader PKK yang telah melakukan rapid tes untuk tidak takut dan panik. Meskipun hasilnya nanti ada yang dinyatakan reaktif.

Sebab, menurutnya meskipun reaktif belum tentu positif Covid-19. Untuk mengetahui positif atau tidaknya Covid-19 adalah dengan dilakukan tes swab.

“Jadi tidak perlu takut, rapid tes ini deteksi awal. Kalau reaktif belum tentu positif Covid-19,” katanya.

Marlin sendiri mengaku secara rutin melakukan rapid tes, karena aktif turun ke lapangan. Menurut dia, satu kali juga pernah reaktif, tapi setelah melakukan tes swab Covid-19 ternyata hasilnya negatif.

“Karena waktu itu saya memang flu, jadi ibu-ibu tetap santai saja tidak usah panik kalau hasilnya ada yang reaktif,” katanya.

Program rapid tes gratis sendiri merupakan program PKK pusat. Untuk di Batam diberikan kuota sebanyak 100 orang yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Batam.

“Program ini kita laksanakan juga bersamaan dengan sampena peringatan Hari Ibu 22 Desember mendatang,” kata Marlin.

Mungkin Anda juga menyukai