Jelang Libur Panjang, Syamsul Pantau Harga Bapok

Media Center Batam- Pejabat sementara Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum mengecek harga sembako jelang libur panjang menjelang cuti bersama Oktober 2020 di Pasar Cahaya Garden Bengkong, Selasa (27/10/2020) pagi.

“Melalui kegiatan ini saya berharap pedagang agar tidak memanfaatkan momen libur panjang untuk mempermainkan harga. Tetap normal seperti biasa,” harapnya.

Ia memperkirakan, libur panjang berimplikasi pada meningkatnya permintaan bahan pokok. Maka dari itu sebagai tindakan dini, ia berinisiatif melakukan pemantauan di pasar-pasar.

“Makanya, salah satu preventif yang dapat kita lakukan adalah berkomunikasi dengan pedagang untuk tetap ikut menjaga stabilitas harga,” imbuhnya.

Menurutnya, Pemko Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam akan terus melakukan pemantauan secara rutin. Jika ditemui pihak-pihak yang secara sengaja mempermainkan harga akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Jangan manfaatkan keadaan banyak yang butuh, lalu menaikkan harga yang tidak wajar,” ujar dia.

Sebelumnya, pemerintah resmi mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2020. Dalam keputusan tersebut, di antaranya memuat Cuti bersama pada bulan Oktober, yakni tanggal 28 dan 30 Oktober 2020.

Cuti bersama ini ditetapkan seiring peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 29 Oktober, yang juga diketahui sebagai hari libur nasional.

Mungkin Anda juga menyukai