Jefriddin lantik 43 kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) Kota Batam

Media Center Batam – Sebanyak 43 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Batam yang beranggotakan 400 orang masa bakti tahun 2020-2025 dilantik, bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Jumat (25/9). Pengurus Pokdarwis dilantik oleh Seketaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata.

Pokdarwis adalah kelompok masuarakat sebagai pengerak Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Lingkungan Destinasi wisata sebagai mitra pemerintah.

Dalam sambutannya Jefridin berharap anggota yang dilantik dapat melaksanakan tugas yang diberikan diantaranya mendata destinasi wisata yang sudah dikelolah sehingga Batam kembali menjadi daerah destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“SK (Surat Keputusan) sudah dibacakan muda-mudahan dapat melaksanakan tugas dengan baik dan ikhlas sehingga Batam kembali menjadi daerah kunjungan wisata mancanegara,” pintanya.

Diketahui pada 2019 lalu, Jefridin menyampaikan Kota Batam penyumbang terbesar wisatawan mancanegara setelah Bali. “Berkat bapak ibu Batam nomor kunjungan wisman setelah Bali,” terangnya.

Di era pandemi Covid-19, ia meminta senantiasa menerapkan protokol kesehatan sebagai salah satu cara mencegah penularan Covid-19 di Kota Batam. “Saat ini disebut masa new normal, kita harus memakai masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer, rajin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan guna mencegah Covid-19,” ucapnya.

Ia menginformasikan, Indonesia bakal memproduksi vaksin sebanyak 70 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Saat ini masih uji klinis. Diharapkan kabar baik ini dapat memberikan angin segar kepada dunia pariwisata Kota Batam.

“Kalau sudah terjadi kelebihan Batam, hotel melimpah ruah, orang Singapura, Johor datang, begitu dibuka Batam jadi tujuan utama,” jelasnya.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengucapkan selamat atas dilantiknya Pokdarwis Kota Batam. Diharapkan setelah dilantik para anggota dapat merapatkan barisan dan menciptakan program yang mengairahkan dunia pariwisata.

“Diantaranya menyusun dokumen kerja tim, mendata Pokdarwis yang sudah terbentuk, mendata destinasi wisata yang dikelolah pokdarwis sebelumnya, memverifikasi Pokdarwis, membuat program kerja, melakukan koordinasi Pokdarwis di kelurahan dan di kecamatan,” pintanya.

Mungkin Anda juga menyukai