Marlin Apresiasi Konsep Ajaran Hindu Hormati Perempuan

Media Center Batam – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam, Marlin Agustina Rudi apresiasi ketika mendengarkan bagaimana ajaran Hindu dalam menghormati perempuan. Konsep ini disampaikan Pembina Umat Hindu Kota Batam, I Wayan Catrayasa.

Wayan menjelaskan hal tersebut dalam acara silaturahmi Ketua GOW Batam dengan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Batam di Pura Agung Amerta Buana.

“Kita baru saja sama-sama mendengarkan mars WHDI (Wanita Hindu Dharma Indonesia). Lagu itu mengisyaratkan betapa pentingnya wanita. Di Hindu dipercaya, di mana wanita dihormati, di sana Dewa tersenyum. Dan di mana wanita tidak diperlakukan sewajibnya, maka bencana akan datang,” tuturnya.

Selain konsep tersebut, Wayan juga menceritakan beberapa kisah yang ada kaitannya dengan perempuan. Seperti cerita Ramayana hingga asal mula nama Lingga dan Bintan.

Ketua GOW Batam, Marlin Agustina Rudi pun mengangguk-angguk saat mendengarkan penjelasan tersebut. Ia mengaku senang mendapat informasi-informasi baru seputar sejarah yang berkaitan dengan perempuan.

“Ternyata cerita Ramayana ada hikmah, ada arti yang luar biasa. Pak Wayan sudah cerita bagaimana tingginya derajat perempuan. Perempuan itu luar biasa, perempuan itu bisa dibilang tiang negara juga. Karena itulah saya juga ingin berbuat sesuatu untuk perempuan,” ujar Marlin.

Dari segi jumlah, perbandingan laki-laki dan perempuan di Provinsi Kepulauan Riau tidak berbeda jauh. Dapat dikatakan seimbang. Hanya selisih lebih kurang 1 persen. Yakni 51 persen laki-laki dan 49 persen perempuan

“Tantangan kita sekarang bagaimana perempuan menaikkan perempuan. Saya ingin melahirkan lebih banyak tokoh-tokoh perempuan ke depannya,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam itu.

Wanita yang juga diberi amanat sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Batam ini mengatakan setiap orang punya kesempatan untuk maju. Tidak melihat dari gendernya.

“Kalau memang punya kualitas dan kemampuan, silakan kembangkan. Perempuan di Batam ini hebat-hebat sebenarnya. Tapi belum ada ruang, belum ada kesempatan untuk maju. Maka perlu kita siapkan wadah untuk mengembangkan kemampuannya itu,” tegasnya.

Wadah yang dimaksud antara lain adalah organisasi wanita. Saat ini ada sekitar 50 organisasi wanita di Kota Batam. Hampir seluruhnya bernaung di bawah GOW. Dan sebagai Ketua GOW, Marlin menganggap seluruh organisasi tersebut sebagai anaknya yang perlu dibina.

“Di sini saya sebagai Ketua GOW. WHDI ini saya anggap seperti anak saya. Seluruh organisasi wanita di Batam sudah saya datangi, tinggal dua lagi saja. Sembilan tahun bersama organisasi wanita di Batam, menurut saya ikatannya itu luar biasa. Ini perlu dipertahankan dan kita jaga,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut Marlin juga mengajak para wanita untuk berdoa agar pandemi corona virus disease (Covid-19) segera berakhir. Agar kondisi Batam bisa kembali hijau, terbebas dari covid-19. Sehingga wisatawan bisa masuk kembali ke Kota Batam. Dan perekonomian dapat bangkit lagi.

Mungkin Anda juga menyukai