Puisi dari Ahzara untuk Marlin

Media Center Batam – Puan Ahzara membacakan puisi “Apa kabar Sekolahku” dihadapan Bunda PAUD Kota Batam, Marlin Agustina Rudi saat mengunjungi TK Globe National Plus II, Komplek Batu Aji Centre Park, Kecamatan Sagulung, Selasa (28/07/2020).

Adapun sepenggal puisi zara yaitu “Sekolahku apa kabarmu, Apakah sama rindumu seperti rinduku dan kalbu, Bu guru apakah kursi dan meja bertanya tentang aku, Kalau ada sampaikan salamku buatnya”. Puisi zara ini disambut tepuk tangan gemuruh dari para undangan yang hadir.

Mendengar keluhan zara yang diungkapkan melalui puisi, Marlin tersentuh dan terharu. Baginya puisi yang dibacakan zara ini mewakili kegundahan seluruh anak – anak yang harus mengikuti proses belajar mengajar dari rumah.

“Anak – anak bunda, bunda tahu kerinduan kalian, dengan ibu guru,sekolah dan teman – teman tapi untuk sekarang belajar dan mainnya dirumah dulu ya” ucap Marlin merayu.

Marlin juga menjelaskan bahwa turunnya beliau beserta tim guna untuk melihat kesiapan dari sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak Kanak (TK) dalam menghadapi pembelajaran new normal.

“Setiap sekolah yang saya kunjungi saya cek apakah sudah memiliki tempat cuci tangan dan alat mengukur suhu tubuh, jadi ketika Walikota (wako) memperbolehkan sekolah buka semuanya sudah siap” jelas Marlin

Kepala Sekolah TK Globe National Plus II, Istiqomah menyampaikan bahwa proses belajar mengajar secara tatap muka sudah diberhentikan sejak 6 bulan lalu, digantikan dengan virtual (Online).
Keterbatasan ini menjadi kendala bagi semuanya baik itu anak, orang tua maupun guru.

Jelasnya bahwa dunia anak selama ini dianjurkan untuk menghindari gadget namun kondisi saat ini memaksa dan tidak dapat dihindari. Belum lagi kendala keterbatasan waktu orang tua dalam mendidik anak dikarenakan harus bekerja.

“Kalau Zara bertanya sama ibu guru apa kabar sekolahnya, ibu bantu jawab, sekolahnya seperti kehilangan nyawanya, sepi, tidak ada canda tawa dan cerewetnya anak – anak ibu” ucap Istiqomah menjawab puisi Zara.

Marlin beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke TK Negeri Pembina IV, Kecamatan Batu Aji.

Sama dengan kunjungan sebelumnya, Marlin menjelaskan bahwa kesiapan dari pelaksanaan pembelajaran new normal harus dikoordinasikan baik itu dari orang tua, guru maupun anaknya. Sehingga ketika proses pembelajaran dimulai sudah siap secara keseluruhan.

“Kesiapan ini harus dari semuanya sehingga nantinya anak – anak kita ini aman mengikuti pembelajaran dikelas” tambah Marlin

Marlin bersama beberapa anak juga bernyanyi lagu Gernasbaku (Gerakan Nasional Orang Tua Bacakan Buku) sembari menari.

“Satu lagi pesan saya kepada orang tua, bacakan buku untuk anak – anak karena dengan begitu komunikasi dua arah dapat terjalin” pesan Marlin.

Mungkin Anda juga menyukai