Salat Idul Adha Dipusatkan di Dataran Engku Putri, Sekda Tekankan Protokol Kesehatan

Media Center Batam – Pelaksanaan Salat Idul Adha tingkat Kota Batam akan dipusatkan di Dataran Engku Putri, Batamcentre. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, menekankan perlu pengetatan protokol kesehatan saat pelaksanaan salat hari raya kurban tersebut.

“Insyaallah pelaksanaannya nanti Jumat, tanggal 31 Juli,” ujar Jefridin saat memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban Tingkat Kota Batam Tahun 2020 di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (14/7/2020).

Jefridin meminta semua petugas menyiapkan semua yang dibutuhkan seperti lokasi salat, hingga petugas yang berjaga di pintu masuk nantinya. Untuk pelaksanaan salat nanti, akan dibuka tiga gerbang di Dataran Engku Putri; selatan, utara, dan barat.

“Ini persiapan kita kalau nanti cuaca mendukung. Kalau nanti cuaca hujan, salat dialihkan ke Masjid Raya Batamcentre,” ujarnya.

Untuk penerapan protokol kesehatan, kata dia, jemaah yang datang nantinya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian, disiapkan juga tempat cuci tangan dan sabun bagi jemaah. Tak hanya itu, saf salat juga diatur berjarak.

“Yang perlu diantisipasi, adanya kerumunan saat masuk dan keluar di tiga pintu gerbang yang kita buka,” kata dia.

Kemudian, untuk petugas pelaksanaan salat Idul Adha, sebagai imam yakni H Muslim Ahmad, dan petugas khatib yakni KH Didi Suryadi, dan bilal M Rasyid Ridho. Selain petugas pelaksanaan salat, Sekda juga meminta petugas lain penyedia tempat wudu, tempat parkir, dan sebagainya.

“Secara keseluruhan, saya lihat sudah siap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar meminta semua warga yang merayakan Idul Adha untuk pelaksanaan salat dilakukan di lapangan. Selain itu, petugas diminta mempersingkat khutbah.

“Kalau untuk khutbah maksimal 20 menit, semua mempertimbangkan kondisi yang ada sekarang ini,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai