Pemko Dukung Pengembangan Transaksi Non Tunai

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam mendukung upaya Bank Indonesia untuk meningkatkan transaksi non tunai di tengah masyarakat. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Batam akan ikut sosialisasikan quick response Indonesia standards (QRIS).

“Pemerintah Kota Batam sangat mengapresiasi program yang dipelopori oleh BI ini. Ini dapat meningkatkan pelayanan terkait transaksi keuangan di pemerintah khususnya OPD yang memang memiliki fungsi pelayanan. Dan transaksi non tunai ini sangat baik terutama di masa pandemi covid-19 sekarang,” tutur Jefridin dalam rapat di Kantor Perwakilan BI Kepulauan Riau di Batam Centre, Kamis (25/6).

Rapat ini membahas tentang implementasi dan pengembangan transaksi non tunai di lingkungan pemerintah daerah. Pada rapat tersebut Jefridin juga menyampaikan akan segera perintahkan OPD terkait pelayanan masyarakat dan keuangan untuk menyusun rencana sosialisasi penggunaan QRIS.

“Untuk hal positif seperti ini semakin cepat semakin baik. Jadi untuk OPD terkait agar disegerakan menyusun timeline sosialisasi QRIS bersama tim BI,” tuturnya.

Kepala KPw BI Kepri, Musni Hardi K Atmaja pada kesempatan tersebut menjelaskan seputar QRIS. Ia mengatakan QRIS ini tidak meniadakan sistem non tunai yang sudah ada sebelumnya. Tapi menjadi alternatif pembayaran non tunai guna mempermudah transaksi keuangan.

“Terutama keuntungannya bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Untuk biaya MDR-nya 0 persen sampai Desember 2020. Sedangkan untuk pemerintahan tidak dikenakan biaya sama sekali atau 0 persen. Hal ini juga didorong dalam rangka Batam menuju smart city,” kata Musni.

Sementara itu Burhan, perwakilan Bank Riau Kepri selaku mitra perbankan Pemko Batam, menjelaskan pihaknya masih dalam tahap pengurusan QRIS. Saat ini sedang dalam pembahasan internal.

“Kemungkinan selesai di bulan Oktober. Diperkirakan sekitar tanggal 19 Oktober Bank Riau Kepri sudah menjadi PJSP berizin QRIS dari sektor bank,” ujarnya.

Mungkin Anda juga menyukai