Hasil Swab Baru Keluar, Pemakaman Pasien Postif Sudah Sesuai Protokol Covid-19

Media Center Batam – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Muhammad Rudi mengkonfirmasi penambahan pasien Covid-19 baru, Selasa (5/5). Pasien sudah meninggal dunia pada Sabtu (2/5).

“Terkonfirmasi positif warga Bengkong inisial DD usia 57 tahun,” kata Wali Kota Batam ini, Selasa (5/5).

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam pada beberapa rumah sakit di Kota Batam dengan kasus baru yang ditemukan pada pasien dalam perawatan rumah sakit di Kota Batam.

Adapun pasien beralamat di kawasan perumahan Bengkong Kelurahan Sadai Kecamatan Bengkong Kota Batam, merupakan kasus baru nomor 35 Kota Batam. Dapat dijelaskan bahwa pasien ini pada hari Jumat (1/5) masuk ke IGD RS Swasta di kawasan Batram Centre karena mengalami keluhan demam yang naik turun, batuk kering, lidah terasa pahit dan sesak nafas disertai nafsu makan yang berkurang.

“Pasien mengatakan sebelumnya pernah dirawat di salah satu rumah sakit di kawasan Lubuk Baja pada tanggal 28 April 2020 dengan keluhan yang sama dan dirawat selaku PDP setelah dilakukannya pemeriksaan RDT dengan kesimpulan nonreaktif,” ujarnya.

Kata Rudi, kondisi pasien saat itu terasa membaik kemudian pada tanggal 30 April 2020 pasien pulang ke rumahnya atas permintaan sendiri untuk melakukan karantina mandiri.
Berdasarkan hasil anamnesa yang dilakukan di IGD di rumah sakit ini serta melihat kondisinya tersebut selanjutnya dilakukan perawatan diruang isolasi, dan dilakukan pemeriksan Diagnostic Rontgen Thorak yang hasilnya dinyatakan Pneumonia, DD/Kongestif Pulmonum dan Cardiomegaly setelah itu juga dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap yang bersangkutan.

“Selama dalam perawatan tersebut, kondisi pasien semakin memburuk dan akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada hari Sabtu, 02 Mei 2020, pukul 03,10 WIB dini hari, kemudian dilakukan pemulasaran jenazahnya secara protokol Covid-19,” ujarnya.

Perlu diketahui, pasien ini sebelum masuk rumah sakit masih beraktivitas menyerahkan sembako dan melaksanakan salat tarawih berjamaah di Masjid “A-F” dekat rumahnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, saat ini tim survelans sedang melakukan proses contact tracing terhadap semua orang yang ditenggarai berkontak dengan yang bersangkutan, terutama di sekitar
tempat tinggal dan lokasi aktivitas yang bersangkutan.

“Perlu kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai