154 Kontak Primer Segera Dicek Sampel Swabnya

????? ?????? ????? – Kota Batam kembali melakukan pemeriksaan swab terhadap kontak primer dari pasien terkonfirmasi positif corona virus disease (Covid-19). Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan ada 154 orang yang akan diambil swabnya, Kamis (29/4) ini.

“Ada 154 orang yang kita swab hari ini. Mayoritas itu hasil penelusuran kontak primer,” kata Didi.

Kategori lain yang akan diswab yaitu mereka yang melakukan pemeriksaan rapid diagnose test (RDT) dengan hasil reaktif. Serta beberapa orang pasien dalam pengawasan.

Didi menjelaskan pengambilan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan ini akan dibagi menjadi lima pool. Yaitu RS Awal Bros, RSUD Embung Fatimah, RS Elisabeth Batam Kota, RSBP Batam, dan RS Budi Kemuliaan.

“Untuk di RS Awal Bros, total 28 orang yang merupakan hasil penelusuran di Puskesmas Tanjungsengkuang, Kabil, Botania, Tanjunguncang, dan Seipanas,” ujarnya.

Sedangkan di RSUD Embung Fatimah ada 22 orang dari penelusuran Puskesmas Batuaji. Pengambilan sampel akan dibantu RS Graha Hermine dan RS Charis Medika.

Selanjutnya, pool RS Elisabeth Batam Kota adalah untuk sampel 45 orang hasil penelusuran Puskesmas Baloi Permai. Pengambilan sampelnya akan dibantu RS Bhayangkara, RS Keluarga Husada, dan RS Soedarsono Darmosoewito Kabil.

“Untuk yang di RSBP Batam, berasal dari Puskesmas Tiban Baru, Mentarau, dan Sekupang. Total 32 orang. Nanti akan dibantu RS Casa Medika dan RS Mutiara Aini,” sebut Didi.

Dan terakhir, pool RS Budi Kemuliaan akan mengambil sampel swab dari 27 orang yang terdata di Puskesmas Seipancur, Tanjungbuntung, dan Kampung Jabi. Tim akan dibantu tenaga dari RS Harapan Bunda.

Seluruh sampel nanti akan dibawa ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Penyakit (BTKLPP) untuk dilakukan pemeriksaan dengan alat polymerase chain reaction (PCR).

Mungkin Anda juga menyukai