Amsakar: Peran BPK Penting untuk Tata Kelola Pemerintah Lebih Baik

Media Center Batam – Pucuk pimpinan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau kembali berganti. Serah terima jabatan Kepala BPK Kepri dari Indria Syzinia kepada Widhi Widayat ini dilaksanakan di Ruang Auditorium BPK Kepri, Batam Centre, Selasa (11/2).

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan keberadaan BPK sangat penting bagi tata kelola anggaran pemerintah yang baik. Karena BPK memberi rekomendasi untuk perbaikan laporan keuangan pemerintah daerah.

“Dari hasil evaluasi ini akan diberi rekomendasi, ada catatan-catatan yang diberikan terhadap OPD (organisasi perangkat daerah). Di mana saja yang harus dibenahi,” kata Amsakar.

Terkait perubahan kepemimpinan dalam sebuah institusi adalah hal yang lumrah. Kepada pejabat lama, Amsakar mengucapkan terima kasih. Dan kepada pejabat baru, ia menyampaikan selamat datang.

“Kita sangat berharap semoga semangat untuk membuat tata kelola lebih baik ini harus tetap menjadi cita-cita bersama,” ujarnya.

Anggota V BPK RI, Bahrullah Akbar mengatakan promosi, rotasi, mutasi adalah hal yang wajar dalam sebuah organisasi. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK.

“Sebagai organisasi yang dinamis, BPK secara terstruktur dan sistematis melakukan promosi, rotasi, dan mutasi bagi para pejabat dan pegawainya. Kegiatan tersebut harus dilakukan dalam rangka menjaga dan membangun budaya organisasi BPK, yang berlandasakan pada nilai-nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme. Selain itu, mutasi juga diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menyegarkan lingkungan kerja, serta mendorong semangat bagi para pejabat terkait dalam meningkatkan kinerjanya di unit kerja yang baru,” tutur Bahrullah.

Ia juga berharap kinerja pemerintah daerah semakin meningkat dan transparan. Serta akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah semakin baik sesuai dengan harapan masyarakat.

Indria Syzinia yang menjabat Kepala BPK Kepri periode Juli 2019-Januari 2020 selanjutnya akan menjalankan peran sebagai Kepala Auditorat IV.C Auditorat Utama Keuangan Negara IV. Sebelum menjabat sebagai Kepala BPK Kepri, Indria pernah menjabat sebagai Kepala Subauditorat pada Subauditorat Sumatra Barat I di BPK Perwakilan Provinsi Sumatra Barat. Selain itu, Indria juga pernah menjabat sebagai Kepala Seksi pada Seksi Riau II.A di BPK Perwakilan Provinsi Riau.

Sementara Widhi Widayat memulai karir di BPK pada Tahun 1997. Kemudian pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Provinsi Bangka Belitung pada November 2018.

Mungkin Anda juga menyukai