Dinding Rumah Kreatif Berhias Mural Ikan Marlin

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata (Banju Merah Hitam) saat mengunjungi lokasi Kampung Seni Batam, Senin (27/1) malam.

Media Center Batam – Motif batik ikan marlin menghiasi dinding rumah kreatif di Kampung Seni Batam. Kampung Seni Batam ini berlokasi di perumahan Bida Kharisma, Batam Centre.

“Wah, ada motif ikan marlin juga. Mantap. Ini memang salah satu motif batik khas Kota Batam yang dikembangkan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kita,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata saat mengunjungi lokasi Kampung Seni Batam, Senin (27/1) malam.

Batik ikan marlin ini sudah dipromosikan di berbagai daerah di Kepri seperti Bintan, Karimun, Tanjungpinang. Bahkan sudah dibawa ke berbagai ajang di tingkat nasional hingga mancanegara seperti Singapura dan Malaysia.

Promosi dilakukan lewat berbagai agenda yang diadakan Pemerintah Kota Batam dalam rangka pengembangan produk-produk yang mengangkat kearifan dan kebudayaan lokal. 

“Adanya motif batik Batam di rumah kreatif ini artinya warga Kota Batam pun ikut mempromosikan Batam lewat seni,” kata Ardi.

Tak hanya di depan rumah kreatif, batik ikan marlin juga dimural untuk spot foto. Sehingga pengunjung bisa mengambil gambar yang instagrammable. Selain motif ikan marlin juga terdapat motif batik lain khas Batam yang dilukis di Kampung Seni.

Ardiwinata mengaku bahagia dengan hadirnya kampung seni ini. Karena menjadi daya tarik wisata baru di Batam.

“Pemerintah Kota Batam saat ini sedang gencar membangun pariwisata. Dukungan masyarakat dengan membuat objek wisata seperti ini sangat kita harapkan. Wisatawan pasti senang ke sini. Bisa melihat lukisan di mana-mana,” ujarnya.

Ia berharap didirikannya kampung seni ini semakin meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.Selain lukisan, Ardi meminta agar dikembangkan kerajinan lainnya seperti souvenir khas Batam.

“Ayo kita majukan kota Batam. Teruslah maju berkarya di daerah yang kita cintai ini, karena Batam milik kita,” ucapnya.

Ketua Kampung Seni Batam, Asep mengatakan, Kampung Seni adalah salah satu destinasi wisata Kota Batam berkonsep lukisan. Adanya kampung seni ini diharapkan bisa bermanfaat bagi warga di lingkungan perumahan.

Setiap rumah warga bakal diisi lukisan untuk mereka tawarkan kepada pengunjung yang datang sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga. 

“Kami memperkenalkan Batam lewat seni, kami akan membuat souvenir berupa lukisan ikon Batam Jembatan Barelang, pastinya dengan harga relatif terjangkau,” kata dia.

Warga juga mendukung didirikan kampung seni ini. Mereka bersedia dinding rumahnya dilukis dan saat ini sudah ada 142 rumah yang dilukis. Rumah kreatif kampung seni Batam juga akan  menjadi wadah bagi anak-anak sekitar untuk belajar melukis.

Mungkin Anda juga menyukai