Batik Batam Diperagakan di Kota Tanjungpinang

Media Center Batam – Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2019 berkembang sampai ke ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjungpinang. Agenda Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam ini dilaksanakan di Atrium TCC Mall Tanjungpinang, Sabtu (23/3).

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengharapkan roadshow ini dapat mempromosikan dan memperkenalkan batik Batam ke nusantara, mulai dari Kepri.

“Telah diakui dunia bahwa batik warisan bangsa sehingga warisan ini harus kita jaga dan lestarikan dan yang pasti kita harus bangga menggunakan produk lokal,” ujarnya.

Menurutnya batik dapat meningkatkan industri kreatif sehingga melahirkan lebih banyak usaha mikro kecil menengah di tengah masyarakat. Dan pada akhirnya dapat memperbaiki perekonomian masyarakat.

“Geliat ini menjadi hal positif yang dilaksanakan Dekranasda Kota Batam. Akan terus didukung dan ditingkatkan,” kata dia.

Ketua Dekranasda Kota Batam yang juga pelopor kegiatan ini, Marlin Agustina Rudi berterima kasih telah diberikan ruang di Kota Tanjungpinang untuk mengenalkan Batik Batam. Pengenalan Batik Batam ini sudah dilakukan dari tingkat kelurahan, Kecamatan, Kota pada 2018 lalu. Dan tahun ini mulai merambah ke tingkat Provinsi Kepri.

Sebelum ke Kota Tanjungpinang, BBFW sudah lebih dulu menyambangi Kabupaten Tanjungbalai Karimun. Acara di Karimun dihadiri ribuan tamu undangan. Pengenalan ini diharapkan menjadi bentuk nyata dari Dekranasda Kota Batam dalam menjaga warisan budaya dan menjadi jati diri bagi masyarakatnya.

“Saya membawa pengrajin batik dan desainer yang berasal dari Batam, yang kita mulai dari bawah sampai saat ini di tiga kabupaten/kota di Kepri, selain itu kita bawa produk-produk IKM (industri kecil menengah) Kota Batam,” tutur Marlin.

Ketua Dekranasda Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul mengapresiasi acara ini karena dapat mendongkrak perekonomian industri kreatif. Hal ini menjadi spesial karena Tanjungpinang menjadi salah satu kota yang dipilih  dan jalinan ini dapat melahirkan kerja sama.

“Mudah-mudahan kerja sama ini dapat terjalin terus sehingga batik di kota Batam dan Tanjungpinang dapat dipromosikan di masing-masing daerah untuk  meningkatkan perekonomian,” kata istri Walikota Tanjungpinang tersebut.

BBFW roadshow 2019 di Tanjungpinang menampilkan peragaan busana karya tiga desainer dan tiga pengrajin batik. Yaitu Nova Nursyamsi by Nova Susanti Putri dan Suratno (Batik Sri Rejeki), Kiki Collection by Kiki Hahid dan Riza Hartati (Batik Moleqie Berseri), RR by Ronald Moreno Dan Jumiati (Batik Jemari Mas).

Mungkin Anda juga menyukai