Wisudawan Diajak Berwirausaha Dukung Pariwisata

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat menghadiri wisuda Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Hotel Planet Holiday, Rabu (22/1).

Media Center Batam – Wisudawan Sekolah Tinggi Ibnu Sina Batam diajak berwirausaha. Imbauan ini diutarakan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat menghadiri wisuda Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Hotel Planet Holiday, Rabu (22/1).

“Batam butuh menciptakan entrepreneur (wirausaha) baru. Minat orang Indonesia untuk jadi wirausaha itu masih rendah. Sementara negara akan maju kalau masyarakatnya jadi pengusaha. Ini harus kalian mulai. Kita sepakat, jalankan ini,” tutur Rudi.

Mantan legislator ini menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota Batam sedang gencar membangun infrastruktur. Tujuan di antaranya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan. Sehingga angka kunjungan wisatawan Batam dapat meningkat dari tahun ke tahun.

Tahun 2019, angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam mencapai 2 juta kunjungan. Jumlah ini mencapai 80 persen total kunjungan wisman ke Provinsi Kepulauan Riau.

“Wisata kita sudah berkembang baik. Dulu kita nomor 3 di Indonesia. Hari ini sudah ke-2 penyumbang kunjungan wisman terbanyak di Indonesia. Tapi saya belum puas. Mereka ke sini tapi uang yang dibawa tak habis. Maka kita perlu siapkan sesuatu yang dia butuhkan, supaya uangnya berputar semua di sini,” papar Rudi.

“Untuk kerja tak semua harus jadi pegawai. Kalau kalian punya pikiran dan wawasan bagus, wisatalah jawaban bagi kalian. Kalian punya modal besar, kemampuan bicara dan kemampuan berteman. Wisman Batam hari ini sudah 2 juta ke atas. Kesempatan ini kenapa tidak kalian ambil,” sambungnya.

Rudi mengatakan semua program yang dijalankan saat ini tak lain demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua yang dibangun diharapkan dapat membantu tumbuhkan perekonomian Batam dari segala bidang.

” Hari ini pertumbuhan ekonomi sudah hampir mencapai 5 persen, dan kita berupaya agar dapat terus meningkat setiap tahunnya.,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai