Amsakar ’Pemanasan’ Sambut Batam Bersepeda 2020

Media Center Batam – Beberapa pekan terakhir, Minggu pagi menjadi jadwal bagi Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad untuk bersepeda. Seperti yang tampak pada Minggu (12/1), Amsakar ‘gowes’ ditemani Sekretaris Daerah Jefridin serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

“Semangat pagi!” teriak Amsakar di tengah perjalanan bersepedanya.

Agenda baru di akhir pekan ini menjadi latihan persiapan untuk kegiatan Batam Bersepeda 2020 yang rencananya diadakan Senin (20/1) mendatang. Terlihat dari jalur yang ditempuh sama dengan rute Batam Bersepeda nanti.

Rombongan pesepeda berangkat dari halaman depan Kantor Wali Kota Batam di Jalan Engku Putri. Kemudian bergerak ke Masjid Agung Batam, dan belok ke Jalan Ahmad Yani. ‘Goweser’ Pemko Batam selanjutnya menyusuri Jalan Ahmad Yani sampai ke Simpang Kabil Kepri Mall.

Dari simpang ini, mereka berbelok ke Jalan Sudirman. Supaya lebih aman, rombongan mengayuh sepedanya masuk di jalur lambat Sukajadi.

Keluar jalur lambat Sukajadi rombongan kembali ke jalan utama. Kemudian naik ke jalan layang Laluan Madani menuju simpang Indomobil Baloi. Selanjutnya belok kiri menuju simpang Baloi Centre. Dan lanjut belok kanan ke arah Grand Batam Mall.

Sesampainya di simpang Masjid Jabal Arafah, belok kiri menuju simpang Komplek Bumi Indah Nagoya. Lalu belok kanan lagi ke arah Nagoya Hill sampai ke simpang Pizza Hut Kampung Utama. Jalur berikutnya adalah belok kiri menuju simpang Polsek Lubukbaja, kemudian belok kiri lagi ke arah simpang Indomobil. Dari simpang Indomobil, belok kanan ke arah simpang Laluan Masani.

Medan cukup berat menyambut pesepeda mulai dari simpang Laluan Madani. Jalur yang harus dilalui mulai menanjak. Tanjakannya memang landai, namun cukup panjang. Dari simpang yang dulu dikenal dengan nama Simpang Jam, sampai ke Dataran Engku Hamidah depan Edukits. Di Jalan Raja Haji Fisabilillah ini tak sedikit yang berhenti sejenak atau bahkan memilih turun dan menuntun sepedanya.

Setelah melewati Jalan Raja Haji Fisabilillah sampai ke Bundaran Tuah Madani, rombongan kembali belok ke kanan untuk menuju titik mula. Total jalur yang ditempuh lebih kurang 20 km.

“Minggu lalu dan minggu sebelumnya kita memang mengambil rute lebih pendek, dari Laluan Madani langsung belok ke Jalan Raja Haji Fisabilillah. Untuk pemanasan sekitar 11 km. Hari ini, seminggu sebelum kegiatan, kita coba rute sebenarnya,” cerita Kepala Dinas Kominfo, Azril Apriansyah yang ikut dalam rombongan bersepeda Wakil Wali Kota.

Kegiatan Batam Bersepeda 2020 ini merupakan ide dari Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Andap pribadi menyukai kegiatan bersepeda. Ia kemudian menyampaikan masukannya ke Wali Kota Batam untuk membuat hari bersepeda khusus Kota Batam. Dan ini langsung diwujudkan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di awal 2020.

Dalam berbagai kesempatan ia sudah menyampaikan rencana kegiatan tersebut. Baik kepada pegawai di lingkungan Pemko Batam maupun masyarakat umum di setiap pertemuan.

“Ayo kita ramaikan acara Batam Bersepeda. PNS, TNI, Polri juga akan bersama-sama ikut dalam kegiatan ini. Gratis. Dan terbuka untuk umum. Kita siapkan sarapan, hiburan, hingga door prize. Mari kita sama-sama gowes di Batam Bersepeda 2020,” ajak Rudi.

Rencananya kegiatan ini akan memecahkan rekor MURI untuk acara sepeda santai (fun bike) dengan rute terpanjang. Bagi warga Batam yang berminat untuk ikut, bisa mendaftar dengan mengisi formulir secara daring. Tautan untuk pengisian formulirnya adalah bit.ly/batambersepeda2020.

Mungkin Anda juga menyukai