Rudi Minta Satpol Jaga Lokasi yang Sudah Dibangun Pemerintah

Media Center Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi meminta Kepala Satpol PP, Salim agar menggerakkan personelnya untuk mengawasi lokasi yang sudah dibangun Pemerintah Kota Batam. Pesan ini disampaikan Rudi dalam apel perdana pegawai Pemko Batam tahun 2020 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (2/1).

“Bagi habis personelnya ke titik-titik pembangunan. Supaya yang dibangun bermanfaat sesuai fungsinya. Misalnya trotoar, tidak dipakai untuk berdagang,” kata Rudi.

Ia ingin tahun ini Satpol PP meminimalisir kegiatan penindakan. Tapi lebih mengedepankan upaya preventif. Yakni mencegah pelanggaran sebelum mulai menjamur dan merusak tatanan kota.

Dalam upaya pencegahan ini juga perlu peran Satpol PP yang ditugaskan di kecamatan. Patroli Satpol PP kecamatan harus ditingkatkan.

Pada apel tersebut Rudi juga berpesan kepada Camat untuk memberdayakan Satpol PP yang sudah ditugaskan di kecamatan masing-masing. Kendaraan operasional yang dibagikan sebelumnya agar digunakan untuk patroli Satpol PP. Bukan dipakai oleh pejabat kecamatan.

Apabila camat tidak sanggup melaksanakan ini, personel Satpol PP yang dibawah kendali operasi (BKO) kecamatan akan dikembalikan ke satuannya. Termasuk kendaraan operasional yang sudah dibagikan dulu akan ditarik ke Satpol PP.

Kepala Satpol PP Batam, Salim mengatakan sesuai arahan pimpinan pihaknya akan meningkatkan pemantauan bangunan yang langgar aturan. Termasuk bangunan di tepi jalan yang baru dilebarkan dan bangunan di atas drainase.

“Apa saja yang melanggar ketentuan akan kita tindak. Kita berkoordinasi dengan masing-masing kecamatan. Seperti, yang di Tiban III kemarin ada bangunan di atas ROW. Kita minta bongkar dan mereka bongkar sendiri,” kata dia.

Salim menyebutkan, penindakkan yang dilakukan Satpol PP sebagai upaya untuk mendukung tatanan Kota Batam yang saat ini tengah membangun. Ia juga mengimbau kepada masyarakat jangan lagi mendirikan bangunan liar di lokasi yang dikembangkan Pemko Batam.

“Ini sebagai tindakan antisipasi. Kita tetap pantau di lapangan. Jangan sampai sudah diperingatkan tapi kembali lagi,” tegas mantan Kepala Dinas Kominfo ini.

Mungkin Anda juga menyukai