Warga dan Wisman Nikmati Gerhana Matahari Cincin di Batam

Media Center Batam – Warga Batam hingga turis mancanegara berkumpul di Dataran Engku Putri demi menyaksikan fenomena alam berupa gerhana matahari cincin, Kamis (26/12). Wisatawan asal California, Randell Kiren di antaranya.

Ia mengaku sengaja datang ke Batam untuk bisa menyaksikan dan mengabadikan gerhana matahari cincin ini. Informasi seputar gerhana di Batam ia dapat dari pencarian daring.

“Tahunya dari website. Bahwa Batam spot terbaik jika ingin melihat gerhana matahari. Karena itu sengaja datang ke sini,” ujarnya.

Randell mengatakan sudah empat hari berada di Batam. Ini merupakan kunjungan pertamanya. Dan ia datang bersama istri.

“Fenomena ini jarang terjadi. Makanya sengaja datang ke sini untuk menyaksikan secara langsung,” kata dia.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengaku bersyukur karena Batam dilintasi gerhana matahari cincin. Karena fenomena ini sudah mengundang wisatawan datang ke Batam.

Apalagi ini merupakan kejadian alam yang jarang terjadi. Gerhana matahari cincin di Indonesia terjadi dalam kurun 18 tahun sekali. Sehingga diperkirakan baru bisa disaksikan masyarakat Indonesia pada 2035. Sedangkan di lokasi yang sama, gerhana matahari cincin ini baru bisa disaksikan 350 tahun kemudian.

“Ini momentum yang sangat langka terjadi. Jadi masyarakat tidak rugi untuk melihat dan mengabadikan fenomena alam ini. Dan tidak berlebihan jika momentum ini banyak menarik wisatawan,” kata Amsakar.

Proses gerhana berlangsung cukup panjang, dimulai sekitar pukul 10.42 WIB. Dan puncaknya, fase cincin terjadi pukul 12.24 WIB selama 3 menit.  

Pada saat gerhana berlangsung, di berbagai masjid juga digelar salat gerhana. Seperti di Masjid Agung Batam Centre yang diikuti langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin.

Mungkin Anda juga menyukai