KSM Kembali Masuk 100 Kalender Pariwisata Nasional

KADISBUDPAR ARDIWINATA

Media Center Batam – Kenduri Seni Melayu (KSM) kembali masuk dalam daftar 100 calender of event (CoE) Wonderful Indonesia 2020 Kementerian Pariwisata RI. Peluncuran kalender pariwisata nasional itu dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (15/10) malam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata mengatakan KSM merupakan salah satu andalan Batam. Bahkan, event ini sudah digelar selama 19 tahun dan melibatkan sejumlah negara.

“KSM ini rutin kita laksanakan, setiap tahun, tak pernah ada jeda. Tahun ini digelar yang ke-20. Alhamdulillah tahun depan kembali masuk ke 100 CoE Kemenpar,” kata mantan Kepala Bagian Humas Setdako Batam itu saat ditemui di Nongsa, Kamis (17/10).

Ardi menjelaskan KSM merupakan agenda kebudayaan. Namun kemasannya layak untuk mendatangkan kunjungan wisatawan mancanegara. Karena pesertanya saja banyak dari negara serumpun. Sementara untuk mendatangkan wisman sebagai penonton, Ardi mengaku sudah promosi sejak jauh hari sebelum pelaksanaan.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan CoE Wonderful Indonesia merupakan salah satu program strategis Kemenpar dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui atraksi dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakan wisatawan nusantara untuk berwisata di Tanah Air.

Arief berharap CoE 2020 akan berdampak besar dalam mendongkrak kunjungan wisman serta menggerakkan wisnus ke destinasi yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tercatat sebanyak 100 event pariwisata unggulan itu akan digelar sepanjang tahun depan.

“Kami harapkan pemerintah daerah serius menyusun dan menggarap event-event yang masuk dalam 100 CoE 2020 agar bisa mendatangkan wisman lebih banyak lagi ke Indonesia,” kata dia.

CoE Wonderful Indonesia pertama kali dibukukan dan dibuat pada 2017, namun saat itu belum menggunakan kurator dalam pemilihan event. Kemenpar hanya meminta usulan tiga agenda pariwisata dari tiap provinsi.

Kemudian tahun 2018 hingga sekarang, penentuan CoE wajib menggunakan kriteria 3C (Cultural/Creative Values, Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment) dan dikurasi oleh para kurator profesional di bidangnya.

Mungkin Anda juga menyukai