BI Sebar Rp 4,2 Miliar Uang Baru ke Pulau Terluar

Bank Indonesia (BI) menyiapkan Rp 4,2 miliar uang kertas baru untuk ditukarkan masyarakat melalui layanan kas pulau terdepan, terluar, dan terpencil (3T). Pendistribusian uang ke pulau-pulau ini dilaksanakan BI Kantor Perwakilan Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

Media Center Batam – Bank Indonesia (BI) menyiapkan Rp 4,2 miliar uang kertas baru untuk ditukarkan masyarakat melalui layanan kas pulau terdepan, terluar, dan terpencil (3T). Pendistribusian uang ke pulau-pulau ini dilaksanakan BI Kantor Perwakilan Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

โ€œLayanan kas ke pulau terluar ini akan dilakukan selama delapan hari, 6-13 Agustus,โ€ kata Departemen Pengelolaan Uang Rupiah (DPUR) BI, Hendrawan saat pelepasan kapal layanan kas pulau di Pelabuhan Batuampar, Selasa (6/8).

Bersama armada KRI Lemadang-632, tim kas keliling BI akan mengunjungi Pulau Jemaja, Siantan, Midai, Subi Besar, Serasan, Tembilahan Besar, dan Pontianak. Menurut Hendrawan sepanjang 2019 BI menjadwalkan 15 kali kas keliling pulau 3T seperti ini. Dan tim yang berangkat kali ini adalah bagian keenam dari rencana sepanjang tahun tersebut.

Selain menarik uang tidak layak edar dan menggantinya dengan uang layak edar pada program kas keliling pulau 3T ini juga akan dilakukan sosialisasi. Antara lain mengenai cara mengenali keaslian uang rupiah, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara memperlakukan uang, serta memberikan bantuan ke masyarakat setempat dalam rangka program sosial BI.

“Rupiah itu tak hanya sebagai mata uang, tapi dapat juga dilihat dari aspek kedaulatan bangsa. Karena itu BI berkewajiban untuk mendistribusikan alat pembayaran yang sah ke seluruh daerah,” ujarnya.

Kerja sama BI dengan TNI AL ini telah berlangsung cukup lama, tepatnya sejak 2011 lalu. Sinergitas ini diharapkan tetap bisa terus berjalan di masa mendatang.

Kapten KRI Lemadang-632, Mayor Laut (P) Pungki Kurniawan mengatakan personel TNI AL siap mendukung kelancaran kegiatan kas keliling pulau 3T tersebut.

“Mendukung distribusi logistik BI menjadi tugas tambahan kami, sesuai Undang-undang No. 34 tahun 2004 tentang tugas TNI, operasi militer selain perang yakni mendukung program pemerintah,” kata Pungki.

Mungkin Anda juga menyukai