Sahabat UMKM Ajak Pelaku Usaha Pasarkan Produk secara Daring

Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batam diajak untuk memasarkan produknya secara daring (online). Ajakan ini disampaikan melalui kegiatan sosialisasi Sahabat UMKM di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Sabtu (3/8).

Media Center Batam – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Batam diajak untuk memasarkan produknya secara daring (online). Ajakan ini disampaikan melalui kegiatan sosialisasi Sahabat UMKM di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Sabtu (3/8). Kegiatan yang mengangkat tema Membangun UMKM Berdaya Saing Global ini diikuti sekitar 300 pelaku usaha.

“Hari ini ada dua materi yang disosialisasikan yaitu e-commerce (perdagangan elektronik) dan digital payment (pembayaran digital),” kata Wakil Ketua Bidang Pemasaran dan Pemodalan Sahabat UMKM, Patria Firdausi Mabrur.

Ia mengatakan pelaku usaha di Batam bisa bersaing dengan memanfaatkan internet dalam memasarkan produknya. Selain tentunya dengan meningkatkan kualitas produk hingga desain kemasan yang menarik.

“Produk-produk buatan Batam sudah bagus. Tapi harus bersaing ketat dengan produk negara tetangga yang pemasarannya lebih modern. Namun yang menjadi kendala adalah kemasan serta desain yang kurang menarik,” ujarnya.

Karena itulah, sambung Patria, Sahabat UMKM hadir ke tengah pelaku usaha di Batam. Agar bisa bersama-sama memajukan produk lokal sehingga bisa bersaing dengan produk luar negeri.

“Komunitas ini mempertemukan antara Pelaku UMKM dan profesional kewirausahaan. Kita memberikan pemahaman dan solusi bagaimana cara menjangkau pemasaran yang lebih luas,” kata dia.

Prinsipnya adalah membangun komunikasi positif. Sahabat UMKM bisa menjadi sarana bagi para pelaku usaha untuk saling berkontribusi, menyampaikan pemikiran, dan pengalaman dalam membangun serta mengembangkan jaringan usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Suleman Nababan mengatakan saat ini Pemerintah Kota Batam tengah giat membangun Batam menjadi kota wisata. Keterlibatan pelaku UMKM melalui produk-produk kreatifnya sangat diharapkan pemerintah.

Ia menyatakan dukungannya terhadap kegiatan sosialisasi ini. Menurut Suleman, pelaku usaha memang harus bisa melihat peluang pasar. Sekaligus menjadikan produknya semakin dikenal dan menjangkau pemasaran yang lebih luas.

“Manfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, dan diterapkan. Inilah wadah pelaku UMKM untuk saling berbagi informasi, bertanya, dan sebagainya,” tutur Suleman.

Mungkin Anda juga menyukai