Predikat Kota Layak Anak Batam Naik Tingkat ke Madya

FOTO : (HUMAS PEMKO BATAM)

Media Center Batam – Pemerintah Kota Batam meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2019 tingkat Madya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Penghargaan diterima oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Batam, Umiyati.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise menyerahkan langsung penghargaan tersebut di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7). Kepada seluruh penerima penghargaan, Yohana memberikan ucapan selamat dan berharap tahun depan bisa lebih baik lagi.

โ€œPenghargaan ini adalah bentuk komitmen Negara untuk menjamin perlindungan anak, termasuk kewajiban pemerintah daerah untuk melaksanakan perlindungan anak,โ€ sebut Yohana.

Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak terdiri atas lima predikat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan Kabupaten/Kota Layak Anak. Predikat Pratama diraih oleh 135 Kabupaten/Kota. Predikat Madya diraih 86 kota dan 23 Kabupaten/Kota meraih predikat Nindya. Untuk predikat Utama diraih oleh tiga Kota.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Batam, Umiyati menyebut penghargaan yang diterima meningkat dari Predikat Pratama di tahun 2018 ke Predikat Madya. Peningkatan ini menurutnya sebagai bentuk komitmen kepala daerah dalam hal pemenuhan hak anak dan peduli dalam  penanganan kasus kekerasan terhadap anak dan dalam hal membangun fasilitas untuk anak.

โ€œDengan diterimanya penghargaan ini kita berharap peran pihak swasta dan masyarakat untuk membantu pemerintah dan peduli terhadap hak-hak anak. Semoga tahun akan depan prestasi bisa lebih ditingkatkan,โ€ paparnya.

Umi menambahkan penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 dilakukan dalam empat tahap. Tahap pertama penilaian mandiri terhadap 24 indikator oleh masing-masing kabupaten/kota secara daring. Yang melakukan penilaian adalah tim yang terdiri dari tim independen dan tim dari kementrian/lembaga terkait yang melakukan verifikasi administrative, verifikasi lapangan dan verifikasi final.

Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Leby N Rosalin mengatakan jumlah kabupaten/kota yang meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak 2019 meningkat 40 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2019, 247 kabupaten/kota yang meraih penghargaan dan di tahun 2018 hanya 177 kabupaten/kota.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai