679 Calon Jemaah Haji Batam Berangkat Tahun Ini

Media Center Batam – Kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi haji Hang Nadim Batam akan diterbangkan ke tanah suci pada 7 Juli mendatang. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain mengatakan jumlah calon jemaah haji Kota Batam tahun 1440 H/2019 ini sebanyak 679 orang.

“Ada penambahan dari tahun lalu. Karena tahun ini secara nasional kita mendapat penambahan 10.000 jemaah. Penambahan ini diprioritaskan untuk lansia (lanjut usia),” kata dia saat pembukaan manasik haji tingkat Kota Batam di Aula PIH Batam Centre, Senin (17/6).

Calon jemaah haji asal Batam rencananya akan diberangkatkan dalam tiga kloter. Yakni kloter 1, kloter 17, dan kloter 28. Atau apabila ada perubahan, akan dimasukkan ke kloter tambahan yaitu kloter 29.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dibagi kloternya,” kata dia.

Masih sama seperti tahun lalu, embarkasi Batam tahun ini juga melayani jemaah haji dari empat provinsi. Yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

Namun dua provinsi sifatnya hanya embarkasi antara yakni Riau dan Jambi. Artinya jemaah haji asal dua provinsi ini tidak menginap di asrama haji Batam.

“Dari Pekanbaru, sampai di bandara Hang Nadim, langsung tukar pesawat. Tak masuk asrama haji lagi,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Zulkarnain menyampaikan permohonan maaf karena manasik yang terlambat. Berdasarkan kebiasaan, manasik haji dilaksanakan sebelum memasuki bulan Ramadan. Tapi tahun ini, atas kebijakan pusat, manasik secara nasional baru dilaksanakan sekarang, setelah Idul Fitri.

“Tapi tetap, tidak mengurangi hak bapak ibu dapatkan manasik. Delapan kali di kecamatan, dua kali di tingkat kota. Kecamatan sudah tiga kali tatap muka mulai Sabtu kemarin. Tingkat kota hari ini kita mulai. Dan akan dilanjutkan terus sampai selesai,” ujarnya.

Untuk kegiatan berikutnya, sambung Zulkarnain, akan lebih banyak praktik. Sehingga pemahaman calon jemaah haji semakin baik untuk bekal selama menjalankan ibadah di tanah suci nanti.

Ketua Panitia Manasik Haji, Ridwan Syam mengatakan kegiatan manasik haji ini bertujuan agar jemaah menjadi haji yang mandiri.

“Manasik ini untuk menjadikan jemaah Kota Batam menjadi haji yang mandiri. Bisa melaksanakan haji dengan baik walaupun pembimbingnya tak ada di sisinya. Mudah-mudahan perjalanan mereka dimudahkan oleh Allah SWT,” tutur Ridwan.

Mungkin Anda juga menyukai