Pawai Takbir Lebih Ramai, Masyarakat Pun Antusias Menyaksikan

Pawai takbir Idul Fitri 1440 H, Selasa (4/6).

Media Center Batam – Masyarakat Batam begitu antusias mengikuti pawai takbir Idul Fitri 1440 H, Selasa (4/6). Antusiasme tampak baik dari mobil hias peserta pawai maupun warga yang ingin menyaksikan kemeriahan pawai di tepi jalan.

Pawai takbir merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kota Batam setiap malam Idul Fitri. Dan pawai takbir ini memang selalu dimeriahkan rombongan kendaraan hias dari berbagai instansi maupun komunitas.

Iringan kendaraan pawai takbir dibuka komunitas motor gede. Dilanjutkan kendaraan hias dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batam. Mulai dari Dinas Perhubungan diikuti dinas dan badan lainnya, termasuk Sekretariat Daerah.

Hiasan yang ditampilkan beragam. Umumnya berbentuk miniatur masjid. Namun tak sedikit yang menyesuaikan temanya dengan tugas di dinas masing-masing.

Seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang membawa tanjak berukuran raksasa di bagian depan mobil. Penutup kepala pria Melayu ini digambarkan sebagai simbol budaya setempat.

Di antara barisan pawai juga diisi kendaraan hias dari peserta umum seperti masjid dan musala yang masuk rombongan kecamatan.

Sesuai nama kegiatan, mobil yang melintas tak hanya dihias fisiknya. Melainkan bagian terpentingnya adalah gema takbir dari personel di atas mobil.

Ada yang menggunakan pengeras suara beraliran listrik. Namun tak sedikit yang membawa alat musik non elektrik. Bahkan beduk yang biasa diletakkan di masjid pun diboyong dalam pawai keliling Batam ini.

Ketua Panitia Pawai Takbir Idul Fitri 1440 H, Rustam Efendi mengatakan tahun ini terdapat ratusan kendaraan peserta pawai. Terdiri dari 37 peserta OPD Pemko Batam, 126 peserta kecamatan dan kelurahan se-Kota Batam, dan 9 instansi vertikal.

“Ormas islam, perbankan, perhotelan, rumah sakit, dan tahun ini dimeriahkan komunitas motor dan mobil. Total 381 peserta. Dengan personel 2.000 orang,” ujarnya.

Pawai tahun ini dilepas dari depan Dataran Madani, atau Jalan Raja H Fisabilillah. Kemudian ke arah Flyover Laluan Madani, belok ke Simpang Indomobil, lalu melewati Polsek Lubukbaja, sampai ke Simpang Baloi. Belok ke arah Apartemen Harmoni, sampai Martabak Har Komplek Bumi Indah Nagoya. Selanjutnya belok ke simpang Telkom Pelita, lanjut sampai Simpang Kuda, Bundaran Madani, dan finish di Masjid Agung Batam Centre.

Adapun bertindak selaku komandan pawai yakni Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati. Usai komandan melaporkan kesiapan pelaksanaan pawai, gema takbir dari Walikota dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Batam pun resmi melepas barisan pawai.

Walikota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan terima kasih kepada pelaksana, pihak pengamanan, dan peserta yang membuat pawai berjalan lancar serta tertib.

“Ramai kendaraannya, 381 peserta, termasuk motor 200. Saya minta tahun ini ada motor supaya lebih ramai. Dan tadi bagus sekali posisinya, tidak motor semua, tapi diselang-seling. Saya terima kasih betul ke Pak Kapolres, Muspida. Peserta jumlahnya ramai, tapi tertib sekali,” tutur Rudi.

Tahun depan, kata Rudi, pelaksanaan pawai akan lebih meriah. Karena sepanjang Jalan Raja H Fisabilillah sebagai titik start pawai akan dipasangi lampu hias.

“Kalaulah lampu terpasang, akan lebih ramai lagi. Sepanjang jalan, ujung ke ujung dipasang lampu hias. Sehingga orang tak hanya takbiran tapi juga menikmati lampu hias di Dataran Madani,” ujarnya.

Menurut Rudi peserta pawai dengan mobil hias ini dilombakan. Dan pemenang lomba akan diumumkan di Dataran Engku Putri esok hari, sebelum Salat Id.

Lebaran Idul Fitri ini, kata Rudi, menjadi momen bagi kita semua untuk kembali bersih. Setelah 30 hari berpuasa diharapkan masyarakat Batam kembali bersih hatinya.

“Kalau sama-sama bersih, pembangunan Batam akan lebih cepat,” sebut mantan legislator Kota Batam ini.

Sementara itu Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki mengatakan pawai takbir tahun ini sungguh meriah. Semua berjalan lancar dan kondusif berkat kerja sama Polri, TNI, dan Dinas Perhubungan Kota Batam.

Pada kesempatan tersebut, mewakili seluruh jajaran, ia juga menyampaikan selamat Idul Fitri kepada masyarakat Batam.

Mungkin Anda juga menyukai