Rudi Ajak Warga Batu Aji Manfaatkan Momentum Pembangunan Masjid Sultan

Walikota Batam, Muhammad Rudi saat melakukan kegiatan safari ramadhan FOTO : HUMAS PEMKO BATAM

MEDIA CENTER BATAM- Walikota Batam, Muhammad Rudi mengajak warga Kecamatan Batu Aji, khususnya masyarakat di Perumahan Purimas Buliang dan warga Perumahan Muka Kuning Indah I Kibing untuk mengambil manfaat dari pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Katanya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam sengaja membangun masjid terbesar di Kecamatan Batu Aji dengan tujuan menghidupkan perekonomian masyarakat di sana. Hal ini disampaikan Rudi ketika safari ramadhan di hari ke-11 di Masjid Nurul Huda dan Masjid Asy Syuhada Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, Kamis (6/5). Pembangunan masjid ini akan rampung secara keseluruhan di tahun 2020 dan akan menjadi masjid kebanggaan umat muslim di Kota Batam.

“Warga Batu Aji harus senang dan bangga karena Pemerintah membangun masjid besar di sini. Syariat Islam kita kembangkan, ekonomi kerakyatan kita hidupkan. Warga harus memanfaatkan momentum ini, orang yang datang berkunjung ke masjid pasti butuh makan dan minum. Nah ibu-ibu siapkan kulinernya, tentu yang punya standard dan jaga kebersihannya,” sebut Rudi.

Katanya, masjid berkapasitas 25 ribu jamaah ini akan diresmikan pada September tahun ini. Meski belum sempurna, namun masjid ini sudah bisa digunakan sebagai tempat untuk beribadah. Ia menuturkan ruang utama masjid hanya boleh digunakan sebagai tempat shalat. Jika ingin memakai untuk acara, ada ruangan lain yang disiapkan.

Masjid ini menurutnya akan menjadi tujuan wisata religi bagi masyarakat Batam dan wisata mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Batam. Jalan pun akan dilebarkan untuk menunjang akses menuju ke Masjid. Jalan akan dilebarkan menjadi lima lajur, sehingga orang akan menjadi tertarik untuk berkunjung ke masjid ini. Diperkirakan seluruh jalan utama di Kota Batam akan selesai tahun 2025.

“Batu Aji ini akan hidup. Tidak hanya masjid yang kita bangun, tapi galangan kapal juga akan kita hidupkan kembali. Jalan menuju kawasan industry akan kita bangun kembali. Kenapa ini dikejar karena kita ingin hidupkan kembali Batu Aji dan Sagulung. Dulu pernah hidup karena galangan kapalnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Rudi juga mengundang warga untuk hadir dalam peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah ini. Pemko Batam menurutnya akan mengundang 2 Ulama nasional dan satu orang ulama internasional. Dua ulama nasional yang akan diundang, Ustadz Abdul Somad dan KH Habib Syech Abdul Qodir. Dari Malaysia ulama yang akan hadir dalam peresmian masjid nantinya adalah Ustadz Kasim Ilyas.

“Kita akan mulai acaranya dari pagi sampai sore. Makanan akan disediakan tapi ibu-ibu yang masak. Makanan yang ibu-ibu siapkan akan dilombakan. Nanti istri saya yang menilai. Yang menang, 1 orang akan saya berangkatkan Umroh,” janjinya.

Perwakilan masyarakat menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Walikota beserta rombongan yang telah menggelar safari ramadhan di masjid mereka. Warga juga berterimakasih atas pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Pemko Batam.(HP)

Mungkin Anda juga menyukai