Wako Kerahkan Personel Bersihkan APK

Walikota Batam, Muhammad Rudi 

Media Center Batam – Walikota Batam, Muhammad Rudi mengerahkan personel Satpol PP untuk membersihkan alat peraga kampanye (APK) di seluruh wilayah Kota Batam. Pembersihan APK di masa tenang Pemilu serentak 2019 ini juga dibantu anggota Pemadam Kebarakan dan Dinas Perhubungan.

“Saya minta Satpol PP turun. Damkar dan Dishub bantu. Saya mau sore ini sudah bersih semua,” perintah Rudi dalam apel pegawai Pemerintah Kota Batam di Dataran Engku Putri, Senin (15/4).

Ia mengatakan pembersihan APK ini memang bukan tugas Pemko Batam. Namun ia tak ingin pemerintah dianggap lalai, tidak ikut peduli terhadap pelaksanaan pesta demokrasi ini.

“Supaya tak ada SMS, WA yang melaporkan soal APK masih berserak ini. Jangan sampai ada suara sumbang yang mengatakan Pemko tak peduli,” ujar mantan legislator DPRD Kota Batam ini.

Berdasarkan aturan, pembersihan APK ini merupakan tugas masing-masing calon legislatif. Namun pada praktiknya, sebagian besar calon membiarkan APK-nya masih terpasang meski sudah masuk masa tenang kampanye.

“Calon-calon itu tak mungkin mau mengeluarkan uang lagi untuk membersihkan APK. Sebenarnya bukan tugas kita, tugas Bawaslu. Tapi mereka hanya lima orang, anggaran tak ada. Maka kita bantu,” terang Rudi.

Pada apel ini ia juga mengingatkan seluruh pegawai di lingkungan Pemko Batam untuk tidak ada yang izin dan cuti sehari sebelum dan setelah 17 April. Ia ingin ada rasa kebersamaan di antara para pegawai. Karena sebagian pegawai khususnya di tingkat kecamatan dan kelurahan tengah sibuk membantu pelaksanaan Pemilu ini.

“Jangan yang sebagian sibuk, yang lain malah berlibur. Kita mau ada kebersamaan lah,” kata dia.

Mungkin Anda juga menyukai