Atasi Banjir, PUPR Perbaiki Gorong-gorong Simpang Kabil

Walikota Batam Muhammad Rudi

Media Center Batam – Jalan di Simpang Kabil atau Kepri Mall akan dibongkar. Pembongkaran simpang yang memotong Jalan Sudirman dan Jalan Ahmad Yani ini dilakukan untuk perbaikan gorong-gorong di bawahnya.

“Box culvert nanti dibuat dari arah Batam Centre ke Kepri Mall. Simpang empat itu nanti dibongkar. Supaya airnya mengalir langsung ke Duriangkang,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi di Sagulung beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur mengatakan perbaikan saluran air di jalan nasional ini akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menurutnya ada beberapa titik banjir di jalan nasional yang disampaikan ke Kementerian PUPR. Selain Simpang Kepri Mall, juga di depan Perumahan Simpang Raya arah Bandara, kawasan Batuaji, hingga Sekupang.

“Kita usulkan ke musrenbang nasional dari tahun lalu. Untuk perbaikan gorong-gorong Simpang Kabil itu pengerjaannya bisa tahun ini bisa tahun depan. Nanti saya cek dulu,” kata Yumasnur.

Perbaikan saluran air di Simpang Kabil ini akan dilakukan sebelum pembangunan jalan layang atau flyover. Setelah perbaikan jalan di bagian bawah selesai, baru dilanjutkan dengan pembangunan flyover kedua di Kota Batam tersebut.

“Dekat pos polisi itu kan ada kolam yang menyeberang ke arah DAM Duriangkang, memotong jalan. Gorong-gorong itu yang dipasang baru, diganti yang lebih besar. Tentu jalannya juga harus dibenahi,” tutur Yumasnur menjelaskan titik pembongkaran.

Ia menyebutkan proses pembongkaran jalan di Simpang Kabil ini tentu akan mengganggu lalulintas. Karena itu dalam pekerjaannya nanti akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk rekayasa lalulintasnya.

Mungkin Anda juga menyukai