Dishub Tambah Lampu Lalu Lintas di Simpang Telkom Pelita

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi

Media Center Batam – Dinas Perhubungan Kota Batam akan menambah dua titik lampu lalu lintas (traffic light). Dua lokasi yang akan diberi traffic light yakni simpang tiga Telkom Pelita, dan simpang tiga Irinco Pelita.

Kedua simpang ini merupakan bagian dari ruas jalan yang diperlebar oleh Pemerintah Kota Batam tahun lalu. Ruas antara Telkom dan Irinco merupakan jalur yang baru dibuka dua arah pasca pelebaran jalan.

“Sekarang sedang proses lelang. Paling lambat setelah lebaran (Idul Fitri) sudah dipasang. Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 3 miliar,” kata Kepala Dinas Perhubungan Batam, Rustam Efendi di Lubukbaja, Rabu (10/4).

Selain menambah titik baru, Dinas Perhubungan juga akan memindahkan satu titik traffic light. Yakni traffic light di simpang Martabak Har Komplek Bumi Indah Nagoya, akan dialihkan ke simpang Frengki Batam Centre. Pemindahan dilakukan karena jalan masuk Komplek Bumi Indah akan dijadikan satu arah.

“Martabak Har itu nanti jadi satu arah, yang keluar tidak ada lagi, maka tidak perlu lampu merah. Jadi lampu merahnya kita pindahkan ke Simpang Frengki,” sebutnya.

Dishub, kata Rustam, juga rutin melakukan pemeliharaan lampu lalu lintas. Sementara ini belum ada lampu yang dalam keadaan mati atau rusak.

Adapun jumlah lampu lalu lintas di Kota Batam sebanyak 40 titik. Sebanyak 25 di antaranya sudah dilengkapi daya cadangan, sehingga tidak akan mati walaupun aliran listrik di sekitarnya padam.

Baterai yang dipasang di setiap lampu lalu lintas ini bisa bertahan hingga empat jam lamanya. Dan dua titik baru yang dipasang tahun ini akan dilengkapi dengan daya cadangan tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai